21.4 C
Indonesia
Kamis, September 23, 2021
spot_img

Hilangkan Bintik Hitam di Wajah dengan Perawatan Ini

BINTIK gelap atau hitam bisa diatasi dengan perawatan laser. net/ruber.id

Hilangkan Bintik Hitam di Wajah dengan Perawatan Ini

ruber.id — Banyak masalah pada kulit wajah yang dialami beberapa orang, terutama kaum perempuan.

Sebut saja jerawat, kulit kusam, kulit berminyak, kulit kering sampai bintik-binntik gelap atau hitam. Dari beberapa masalah tersebut, salah satu yang cukup sulit diatasi adalah bintik gelap.

Bintik hitam adalah masalah kulit yang muncul disebabkan oleh kelebihan produksi melanin di kulit oleh melanosit.

Adanya melanin tersebut dapat dipicu oleh banyak hal, seperti hormon, paparan sinar matahari, dan usia. Namun, Anda bisa mencoba beberapa perawatan untuk mengatasinya.

Anda bisa mencoba melakukan perawatan vitamin C. Vitamin C dapat dijadikan sebagai antioksidan topikal yang membantu memblokir radikal bebas, juga dapat menghambat proses enzimatik yang menghasilkan melanin di kulit.

BACA JUGA:  Niat Puasa Senin Kamis, Keutamaan dan Manfaatnya
BACA JUGA:  Kenali dan Ketahui Berbagai Jenis Kain

BACA JUGA: Tiba-tiba Mata Merah? Ini Beberapa Penyebab dan Cara Mengatasinya

Selain itu, Anda bisa mencoba perawatan hidrokuinon. Perawatan ini bekerja dengan menghambat enzim yang disebut tirosinase yang membantu dalam produksi melanin.

Sama dengan produk lainnya, penggunaan hidrokuinon juga bisa menyebabkan reaksi alergi, seperti kekeringan, kemerahan, dan terbakar.

Perawatan lainnya, Anda bisa menggunakan asam kojic. Umumnya, asam kojic digunakan sebagai pencerah kulit dan paling baik digunakan bersama hidrokuinon.

Kedelai juga terbukti dapat membantu mencerahkan kulit, karena bekerja dengan mencegah melanin memasuki lapisan atas kulit.

Anda tahu asam azelaic? Yakni ekstrak alami dari gandum yang dapat mengganggu produksi pigmentasi abnormal. Dengan sifat antibakteri yang dimilikinya dapat membantu menghilangkan jerawat dan bekasnya.

BACA JUGA:  Cara Mengatasi Gugup saat Presentasi, Makin Jago Public Speaking
BACA JUGA:  Bijak Menggunakan Media Sosial, 5 Hal Ini Boleh Diunggah

Jika Anda memiliki budget cukup besar, bisa melakukan perawatan laser. Cara ini memang paling mahal dan paling berdampak. Menggunakan sinar cahaya yang difokuskan untuk memecah dan menghilangkan partikel pigmen di kulit.

Disamping itu, Anda bisa juga melakukan pengelupasan kimia. Pengelupasan kimia dilakukan dengan menghilangkan lapisan atas kulit mati yang membantu mengurangi penampilan kulit yang kusam.

Lewat perawatan kulit ini juga dapat merangsang produksi kolagen, meningkatkan pergantian sel, dan mengurangi munculnya bintik-bintik gelap.

Perawatan lain yang bisa Anda lalukan adalah mikrodermabrasi, yakni perawatan kulit yang menggunakan partikel kecil untuk memperhalus kulit.

Untuk perawatan ini paling baik dilakukan pada kondisi hiperpigmentasi yang ringan.

BACA JUGA:  Bijak Menggunakan Media Sosial, 5 Hal Ini Boleh Diunggah

Dengan perawatan microneedling, Anda juga bisa menghilangkan bintik gelap. Sebaiknya dilakukan bersamaan dengan perawatan topikal, agar hasilya lebih baik dan memuaskan.

Nah, Anda tinggal memilih mau mencoba perawatan yang mana? Semoga berhasil! red

Related Articles

1 KOMENTAR

Comments are closed.

- Advertisement -

Latest Articles