27.4 C
Indonesia
Selasa, September 28, 2021
spot_img

Hati-hati, Charge Ponsel Bisa Meledak Saat Dipakai

BERITA TEKNO, ruber.idSampai saat ini, cukup banyak kejadian smartphone meledak saat digunakan pemiliknya dalam keadaan saat charge ponsel.

Banyak yang beranggapan, bahwa ponsel dapat meledak jika digunakan dalam keadaan pakai. Apalagi, banyak kasus meninggalnya seseorang saat menggunakan earphone dalam keadaan ponselnya diisi baterai.

Lalu, benarkah penggunaan sambil charge ponsel tidak boleh digunakan agar tidak meledak?

“Secara teknis, ponsel yang di-charge, sedang dipakai atau tidak, bisa saja meledak jika ada sistem yang salah. Ketika saat dipakai pada baterai terjadi reaksi kimia dan menghasilkan panas,” ujar salah satu pengamat gadget, Lucky Sebastian.

BACA JUGA:  NitroPhone 1, Smartphone Canggih Anti Hacker

Kata Lucky, ketika di-charge dan digunakan, panas yang dihasilkan memang bisa berlebih, karena prosesor bekerja, sementara baterai sendiri juga menghasilkan panas dari proses charger.

BACA JUGA:  Vivo V21 5G, Hadirkan Kamera Selfie 44 MP

“Hanya rata-rata smartphone saat ini sudah cukup pintar. Jadi smartphone sedang di-charge dan digunakan, chip pengatur charging akan memperlambat proses charging, apalagi ponsel yang sudah menerapkan teknologi fast charging, sehingga panas yang dihasilkan tidak berlebih,” paparnya.

“Jika panas melebihi batas, pasti akan ada peringatan kalau device overheating.”

Ditambahkan Lucky, jika seseorang tersetrum biasanya ada bekas terbakar.

“Saya kira penyebab meninggalnya korban tidak ada kaitannya dengan mendengarkan musik sambil smartphone dicas,” jelasnya.

BACA JUGA:  Keren Abis! Begini Penampakan Oppo Reno 10x Zoom Edisi Barcelona

Ia pun mengungkapkan bahwa banyak orang yang berpergian, kemudian beristirahat sambil mendengarkan musik dari ponsel yang di-charge, namun tidak terjadi apa-apa

“Ya mungkin saja korban-korban dalam kasus ini meninggal akibat sebab lain. Untuk tahu lebih jelas, hasil otopsi yang akan memberikan keterangan soal itu,” ucapnya. (Arsip ruber.id)

BACA JUGA:  Lama Mati Suri, BlackBerry Siap Kembali Rebut Pasar Gadget

Related Articles

1 KOMENTAR

Comments are closed.

- Advertisement -

Latest Articles