GARUT  

Hadiri Peringatan Nuzulul Qur’an di Masjid Agung Garut, Wabup Ajak Jemaah Segera Divaksin

Hadiri Peringatan Nuzulul Qur'an di Masjid Agung Garut, Wabup Ajak Jemaah Segera Divaksin
Pelaksanaan Peringatan Nuzulul Qur'an 1443 H yang dilaksanakan di Masjid Agung Garut, Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Selasa (19/4/2022). ist/ruber.id

BERITA GARUT, ruber.id – Wakil Bupati Garut dr. Helmi Budiman menghadiri Peringatan Nuzulul Qur’an 1443 H bersamaan dengan Safari Ramadan.

Kegiatan ini, berlangsung di Masjid Agung Garut, Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Selasa (19/4/2022).

Dalam pelaksanaannya diisi dengan tausiah dari KH Apip Saepul Bahri.

Dalam sambutannya, Helmi menyampaikan beberapa pesan kepada para jemaah yang hadir di Masjid Agung Garut. Salah satunya, yaitu terkait ajakan untuk segera mendapatkan vaksinasi.

Walaupun saat ini ada beberapa pelonggaran karena Kabupaten Garut berada dalam Level 1 Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa-Bali. Salah satunya dengan bisa dilaksanakannya Salat Tarawih berjemaah. Namun, pihaknya mengajak masyarakat untuk tetap segera mendapatkan vaksinasi.

Baca juga:  Gangguan Jaringan dan Blangko e-KTP Kosong, Warga Membeludak di Disdukcapil

“Tetap, kita menjaga protokol kesehatan dan juga mengupayakan agar segera divaksin di tempat masing-masing,” katanya.

Helmi menyatakan, yenaga kesehatan di Kabupaten Garut selalu siap sedia untuk melayani masyarakat ketika akan divaksinasi.

Terlebih, kata Helmi, saat ini, khususnya vaksinasi booster, menjadi salah satu syarat bagi masyarakat yang akan melakukan mudik.

“Agar bapak ibu sekalian (nanti) Lebaran, kita bisa menerima saudara-saudara kita untuk bersilaturahmi di rumah kita, diupayakan vaksin yang ketiga (booster dahulu). Apalagi (untuk) yang kesatu kedua silakan (segera dapatkan vaksinasi),” katanya.

Ajakan untuk segera mendapatkan vaksinasi ini tiada lain agar Kabupaten Garut khususnya, bisa segera mencapai herd immunity sesuai ketentuan dari World Health Organization (WHO).

Baca juga:  89 Orang Terlacak Kontak Erat dengan Pasien Positif Covid-19 ke 28 di Garut

“Oleh karena itu, dalam kesempatan ini saya mengimbau kepada seluruh jemaah untuk menyelamatkan kita, keluarga kita, lingkungan sekitar kita. Mari kita lanjutkan vaksin yang kesatu, kedua, ketiga. Sehingga kita mencapai herd immunity, sesuai dengan yang ditentukan oleh Badan Kesehatan Dunia (atau) WHO,” imbuhnya.

Keistimewaan Alquran

Sementara, Penceramah dalam acara ini, KH Apip Saepul Bahri menyampaikan beberapa hal berkaitan dengan Alquan. Salah satunya, yakni terkait dengan keistimewaan Alquran.

Alquran memiliki beberapa keistimewaan, seperti diturunkan di tempat yang suci. Diturunkan di hari yang mulia, diturunkan di bulan yang mulia. Diterima oleh Nabi Muhammad SAW, dibawakan oleh malaikat pilihan, dan terakhir Alquran sebagai mukjizat.

Baca juga:  Garut Masih Negatif Corona, ODP dan PDP Akan Dites Massal

“Maka jelas ,dengan momentum Nuzulul Qur’an kita berharap (bisa mewujudkan) masyarakat Garut yang taqwa, maju, dan sejahtera,” ucapnya.

Kegiatan peringatan Nuzulul Qur’an ini diakhiri dengan pelaksanaan Salat Tarawih bersama. Yang dilakukan oleh Wabup Garut bersama para jemaah yang hadir di Masjid Agung Garut.