Rabu, 12 Agu 2020

Gedung DPRD Sumedang Dikepung Mahasiswa

Baca Juga

FRDB Kota Banjar Unjuk Rasa di Gedung KPK, Ini Hasilnya

PESERTA aksi damai dari FRDB Kota Banjar di depan gedung KPK, di Jalan Kuningan, Jakarta, Selasa (12/11/2019). agus/ruber.id FRDB Kota Banjar Unjuk Rasa di Gedung...

Kesejahteraan Rakyat, Kewajiban Negara

OLEH: Rianny Puspitasari, S. Pd., M. Pd. HALTE Bus Rapid Transit (BRT) Cinunuk di Jalan Raya Cinunuk, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung sudah tidak dipakai untuk...

Di Tangan Kapolsek Pangandaran, Limbah Kayu Jadi Patung Artistik Berdaya Jual Tinggi

PANGANDARAN, ruber -- Kayu bekas pada umumnya dianggap tak berguna dan dibuang begitu saja, selayaknya limbah. Namun, di tangan Kapolsek Pangandaran Kompol Suyadhi, limbah kayu...

Balita di Garut Ini Lahir Tanpa Anus, Butuh Biaya Operasi Secepatnya

GARUT, ruber.id - Memprihatinkan. Inilah apa yang dialami bayi asal Garut, Jawa Barat, Sarah Octavia Slamer. Sarah terlahir tanpa...

SALAH satu massa aksi sedang melakukan orasi di depan Gedung DPRD Sumedang, Kamis (26/9/2019). agoeng/ruber.id

Gedung DPRD Sumedang Dikepung Mahasiswa

SUMEDANG, ruber.id — Mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi mengepung Gedung DPRD Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Kamis (26/9/2019).

Mahasiswa tersebut melakukan unjuk rasa dan meminta DPRD Sumedang untuk menandatangani dokumen penolakan RKUHP dan UU KPK.

Aksi demo serentak itu diawali long march di sepanjang jalan Kota Sumedang, hampir 1.000 massa aksi dari 15 kampus yang ada di Sumedang.

Mereka melakukan aksinya dengan membawa poster-poster kritikan dan meneriakan tuntutan-tuntutan di depan Gedung Negara.

BACA JUGA: Aksi Vandalisme Kecam DPR RI Usik DPRD Sumedang

Aksi unjuk rasa tersebut berakhir di depan Gedung DPRD, massa aksi dengan lantang menolak RUU KUHP dan UU KPK yang dianggap melenceng dan tak pantas disahkan.

Saat melakukan aksi, orator terus menyuarakan agar demonstran tidak terpancing provokasi agar tidak ada kekerasan dalam aksinya.

Demonstran itu juga tidak membawa senjata dan benda-benda tajam atau sejenisnya, begitupun aparat keamanan telah siap di depan Gedung DPRD Sumedang menjaga keamanaan dengan pagar betisnya.

Salah seorang mahasiswa Rida Eldiana mengatakan, massa aksi di sini mewakili dan menyuarakan aspirasi masyarakat.

“Dengan RUU KUHP dan UU KPK ini kami tidak setuju, karena masih banyak yang dipertimbangkan lagi oleh pemerintah atau lebih baik dihapus saja untuk Indonesia yang sejahtera dan damai,” katanya.

Sementara, Koordinator Lapangan Aksi Dea fikri menuturkan, unjuk rasa ini sebagai bentuk rasa simpati atas kebijakan-kebijakan yang tidak sesuai dan menyampaikannha kepada DPRD setempat.

“Kami di sini melakukan aksi damai dan berharap bisa beraudiensi dengan para wakil rakyat di DPRD terkait penolakan kebijakan yang tidak sesuai itu.”

“Dalam aksi ini kami menuntut DPRD untuk menolak RUU KUHP dan UU KPK. Kami juga meminta DPRD untuk menandatangani sebuah dokumen penolakan dan mengirimkannya ke DPR RI,” tuturnya.

Menanggapi hal itu, Ketua DPRD Sumedang Irwan Saputra mengapresiasi aksi unjuk rasa aliansi mahasiswa tersebut.

“Kami akan menindak lanjuti kepada pemerintah pusat tentang aspirasi para mahasiswa ini. Insyaallah minggu depan beres.”

“Atas nama pribadi, ada beberapa poin yang kami juga tidak setuju akan adanya UU ini dan ada beberapa poin pula yang harus diperbaiki, karena ini baru rancangan saja,” ucapnya.

Dari pantauan ruber, setelah pihak DPRD menandatangani dokumen dari mahasiswa, tak lama para demonstran serentak meninggalkan Gedung DPRD Sumedang. agoeng

Komentar

loading...

Artikel Terbaru

Tips Memilih Gadget Terbaik Sesuai Kebutuhan, Simak!

GADGET, ruber.id - Saat ini perangkat elektronik dan teknologi telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat. Dengan begitu banyak gadget keren yang bermunculan...

Pasien Positif Corona di Sumedang Sembuh 2, Nambah 1 dari Cibugel

SUMEDANG, ruber.id - Pasien positif virus corona di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat yang masih dalam perawatan berkurang 1, Selasa (11/8/2020).

Forum Pemuda Pangandaran Segera Membedah Kebijakan Pembangunan Daerah

PANGANDARAN, ruber.id - Forum Pemuda Pangandaran akan menggelar diskusi mengenai kebijakan pembangunan daerah di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Segera Diputuskan, Sekolah Tatap Muka di Pangandaran Dimulai Jenjang SD dan SMP

PANGANDARAN, ruber.id - Pemkab Pangandaran, Jawa Barat belum dapat menentukan waktu dimulainya pembelajaran tatap muka di sekolah. Meski demikian, skema belajar siswa...

Hasil Europa League: Man Utd dan Inter Melaju ke Semi Final

SPORT, ruber.id - Manchester United dan Inter Milan melaju ke babak semi final Uefa Europa League (UEL) 2020. Pada...