Gara-gara Korsleting, Kafe Kopi di Jatinangor Sumedang Ludes Terbakar

Kafe Kopi di Jatinangor Sumedang Terbakar
Petugas URC Damkar Tanjungsari memadamkan api yang membakar kafe kopi di Jatinangor, Sumedang, Jumat (6/8/2021) siang. ist/ruber.id

BERITA SUMEDANG, ruber.id – Diduga akibat korsleting, sebuah kafe kopi di Jalan Caringin RT P03/12. Desa Sayang, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, ludes terbakar. Peristiwa kebakaran terjadi Jumat (6/8/2021) siang sekitar pukul 12.05 WIB.

Kepala Satpol PP, Damkar, dan Linmas Kabupaten Sumedang Bambang Rianto membenarkan kejadian ini. Menurutnya, kafe kopi di Jatinangor milik Furkon, 30, ini terbakar akibat hubungan pendek arus listrik alias korsleting.

“Api menghanguskan kafe kopi ini seluas 18 meter persegi. Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa,” ungkapnya.

Pemilik Kafe Kopi di Jatinangor Ini Merugi Rp50 Juta

Bambang menjelaskan, meski tidak ada korban jiwa. Namun, pemilik kedai harus mengalami kerugian hingga Rp50 juta. Akibat kafe beserta isinya ludes terbakar.

Baca juga:  Wabup Sumedang Kunjungi Kawasan Industri, Ini yang Diminta

“Pemilik yaitu Furkon, menderita kerugian ditaksir mencapai Rp50 juta. Akibat kebakaran ini,” jelasnya.

Bambang menuturkan, proses pemadaman api dilakukan oleh tim URC Damkar Wilayah Tanjungsari, dibantu unsur TNI, Polri, Satpol PP, dan warga setempat.

“Api dapat didinginkan pada pukul 12.45 oleh unsur gabungan, dan warga setempat,” tuturnya.

Bambang menambahkan, dalam beberapa hari terakhir, telah terjadi peristiwa kebakaran serupa. Untuk itu, ia mengimbau agar seluruh warga Sumedang untuk mewaspadai potensi terjadinya bencana kebakaran ini.

“Waspadai potensi api yang ada di sekitar kita. Seperti dengan memeriksa secara berkala kondisi instalasi kelistrikan di dalam rumah, kompor gas, dan sumber potensi api lainnya. Yang dapat memicu terjadinya kebakaran,” ajaknya. (R003)