Joki Usia 12 Tahun Berlaga di Pacuan Kuda Legokjawa Pangandaran

pacuan kuda
PARA Joki sedang memacu kuda di Gelanggang Pacuan Kuda Legokjawa, Cimerak, Pangandaran. doc humas/ruber.id

BERITA PANGANDARAN, ruber.id – Febry, 12, ikut berlaga dalam Babak Kualifikasi Porprov Jabar 2021 Cabang Olahraga Berkuda di Gelanggang Pacuan Kuda Legokjawa, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran.

Joki cilik yang masih duduk di bangku kelas 6 SD ini menunggangi kuda bernama Bintang Junior dalam race kelas J-1.000 meter. Febry menempati urutan ketiga dari 12 kuda yang berpacu dalam race tersebut.

Saat diwawancarai, Febry mengaku sejak kecil ingin bercita-cita menjadi joki. Bahkan ingin menjadi joki tingkat nasional.

Joki cilik asal Desa Kedungmulyo, Kecamatan Butuh, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah ini sudah terbiasa berinteraksi dengan kuda.

“Dari kecil sudah senang bermain kuda. Bapak saya kan punya 9 ekor. Jadi saya biasa berinteraksi dengan kuda,” kata Febry, Minggu (6/6/2021).

Baca juga:  Ada Kekurangan Bayar Pajak di Pangandaran, Bupati Jeje: Potensi dan Realisasi Masih Timpang

Febry menerangkan, kunci utama saat bersaing di lokasi pacuan kuda harus memiliki keyakinan dan ketenangan. Meski usia pesaing lebih tua darinya.

“Hanya keyakinan dan ketenangan yang bisa mengendalikan kuda kesayangan saat berpacu di arena balapan,” terangnya.

Diakuinya, kuda juga memiliki rasa, bagaimana seorang joki bisa meyakinkan kuda yang ditunggangi agar bisa diajak berpacu. (R001/smf)

BACA JUGA: Minggu, 12 Kelas Kuda Pacuan Berpacu di Legokjawa Pangandaran