GARUT  

DPC Apdesi Garut Gelar Pelantikan Pengurus Masa Bakti 2022-2027

DPC Apdesi Garut Gelar Pelantikan Pengurus Masa Bakti 2022-2027
DPC Apdesi Garut melaksanakan kegiatan Pelantikan Pengurus Dewan Pimpinan Cabang Masa Bakti 2022-2027, di Saung Ciburial, Desa Sukalaksana, Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut, Kamis (22/9/2022). ist/ruber.id

BERITA GARUT, ruber.id – Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Garut melaksanakan pelantikan pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) masa bakti 2022-2027.

Pelantikan pengurus DPC Apdesi Garut tersebut diselenggarakan di Saung Ciburial, Desa Sukalaksana, Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut, Kamis, 22 September 2022.

Apdesi Garut Harus Mampu Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Asisten Daerah III Bidang Adminstrasi Umum Budi Gan Gan Gumilar mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu proses demokrasi dari Apdesi Kabupaten Garut.

Ia berharap, dengan kepengurusan baru ini, bisa meneruskan program-program yang pernah dilaksanakan oleh kepengurusan sebelumnya.

“Yang paling utama, adalah tugas Apdesi ini bisa menyelenggarakan pemerintahan yang efektif, efisien yang melayani kepada masyarakat. Dalam rangka untuk meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi di desa dan untuk menurunkan angka kemiskinan yang ada di desa. Ujungnya, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ucapnya.

Dalam kesempatan ini, ia juga menyampaikan pesan Bupati Garut Rudy Gunawan.

Baca juga:  Hari Keempat, Remaja yang Hilang Misterius di Gunung Guntur Garut Belum Ditemukan

Di mana, meminta kepada pengurus Apdesi Kabupaten Garut yang baru untuk berorientasi terhadap pelayanan.

Selain itu, dapat menyelenggarakan administrasi di desa dengan kultur digital.

Sehingga, mampu mengantisipasi perkembangan zaman yang semakin cepat.

“Yang ketiga, bisa menumbuhkan investasi di desa ini supaya clear and clean. Dan bisa tumbuh menjadi desa yang jadi pusat-pusat pertumbuhan ekonomi yang ada di Kabupaten Garut,” ucapnya.

Budi Gan Gan mengajak, kepada para pengurus Apdesi Kabupaten Garut untuk bekerjasama dengan pemerintah daerah. Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Garut.

Jambore Desa

Sementara itu, Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) Apdesi Kabupaten Garut Oban Sobana mengatakan, pelantikan ini, merupakan bagian dari tahapan. Setelah sebelumnya, Musyawarah Cabang (Muscab) ke-4 DPC Apdesi Kabupaten Garut di tahun ini.

Sobana menjelaskan, setelah pelantikan ini ada beberapa agenda kegiatan yang akan dilaksanakan. Salah satunya, Jambore Desa.

“Mungkin, salah satunya yang akan kita capai pertama kita akan mengadakan Jambore Desa.”

Baca juga:  Lima Warga Negara Asing di Garut Dites Rapid Corona, Berikut Hasilnya

“Jadi, di akhir tahun ini kita ada Jambore Desa, mengadakan ajang silaturahmi seluruh kepala desa, aparatur desa di seluruh Kabupaten Garut.”

“Di situ, akan diuji kemampuan dari masing-masing desa. Karena, ada lomba-lomba yang menyangkut dengan desa seperti itu,” ucapnya.

Ia berharap, dengan kepengurusan baru ini, DPC Apdesi Garut bisa semakin kompak.

Terutama, dalam hal kebersamaan, dan melahirkan kolaborasi serta sinergitas antardesa.

Sehingga ke depannya, dapat memunculkan desa maju dan desa mandiri.

“Ya, harapan kami kalau dilihat dari pengukuhan ya, ini pengurusan yang paling besar yang paling banyak.”

“Kalau sebelumnya, kepengurusan hanya 60 orang 70 orang, dan sekarang kepengurusan ada 93 orang. Mudah-mudahan, dengan bengkaknya atau banyaknya ini kita semakin kompak,” jelasnya.

90% DPC Apdesi di Jabar Telah Melaksanakan Musyawarah Cabang

Di tempat yang sama, Ketua Apdesi Jawa Barat Dede Kusdinar mengatakan, pelantikan ini dilaksanakan setelah dilaksanakannya Muscab.

Baca juga:  Bupati Rudy Lantik Forum Kabupaten Garut Sehat

Ia menuturkan, sebanyak 20 dari 19 kabupaten atau 90% DPC Apdesi tingkat kabupaten di Provinsi Jawa Barat telah melaksanakan Muscab.

“Nah kebetulan, rekan-rekan kami juga ya ada yang dari Sumedang, ada Cianjur, ada Subang yang hadir ke sini. Mungkin mereka akan mengevaluasi dan melihat bagaimana pelaksanaan Muscab dan pelantikan Apdesi,” ucapnya.

Apdesi, kata Dede, merupakan sebuah organisasi profesi yang beranggotakan para kepala desa dan perangkat desa.

Dede berharap, Apdesi di Provinsi Jawa Barat, bisa terus bersinergis dan melahirkan lebih banyak desa mandiri di Jawa Barat.

“Dengan kepemimpinan Pak Ridwan Kamil, Alhamdulillah, yang tadinya desa mandiri itu baru di bawah 100, sekarang sudah hampir 500 lebih dari 5000 sekian desa gitu. Nah harapan kami, Apdesi ini harus bisa bersinergi dengan pihak eksekutif legislatif,” ucapnya.