Dibantu 700 Warga, KPU Sumedang Targetkan Sortir dan Lipat Surat Suara Selesai Akhir Januari

KPU Sumedang Targetkan Sortir dan Lipat Surat Suara
Warga Sumedang fokus menyortir dan melipat surat suara Pemilu 2024 di kantor KPU Sumedang, Kamis (4/1/2024). R015/ruber.id

BERITA POLITIK, ruber.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumedang menegaskan komitmennya untuk memastikan kelancaran proses penyortiran dan pelipatan surat suara Pemilu 2024, sebelum tahap distribusi ke PPK dan Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Ketua KPU Kabupaten Sumedang, Ogi Ahmad Fauzi, mengungkapkan, tim sortir lipat yang terdiri dari 700 warga telah menyelesaikan tugasnya dengan baik.

Ia menyatakan kepuasannya terhadap kualitas surat suara untuk Pemilu 2024, yang dinilai lebih baik dibandingkan Pemilu sebelumnya.

Ogi menyampaikan, pada proses ini, petugas sortir lipat hanya menemukan sedikit noda atau tinta di surat suara. Dan perbedaan warna juga berkurang dibandingkan sebelumnya.

“Kualitas surat suara saat ini, jauh lebih baik. Sehingga kerusakan pun minim,” ungkap Ogi di Kantor KPU Sumedang, Kamis, 3 Januari 2024.

Baca juga:  Situng KPU Jokowi Amin Masih Unggul 54.82%

Hingga hari ke tujuh proses sortir lipat, KPU Sumedang telah menyelesaikan penyortiran dan pelipatan surat suara calon anggota DPRD tingkat Kabupaten. Untuk 6 Daerah Pemilihan (Dapil).

Ogi menegaskan, proses ini berlangsung lancar dengan melibatkan 700 petugas.

Selain sortir lipat, KPU Sumedang juga telah memulai pengesetan kebutuhan lainnya sebelum dimasukkan ke dalam kotak suara.

Ogi menjelaskan, keterbatasan tempat menjadi tantangan dalam merangkai kotak suara.

Namun, pihaknya sedang mencari tempat representatif untuk keperluan logistik lainnya.

Dalam upaya memastikan kelancaran distribusi, Ogi menargetkan selesai proses pengepakan dan persiapan logistik lainnya hingga minggu ketiga Januari 2024.

Sedangkan, distribusi ke tingkat kecamatan diharapkan dapat dimulai di akhir bulan Januari.

Baca juga:  Pemungutan Suara di Pilkada Pangandaran 2020, KPU: Ada Beberapa Penyesuaian

Meskipun menghadapi tantangan cuaca dengan curah hujan tinggi, Ogi menekankan, KPU Sumedang telah melakukan antisipasi.

“Curah hujan yang tinggi menjadi tantangan dalam pendistribusian logistik Pemilu. Kami akan memastikan kendaraan yang digunakan aman agar tidak mengganggu kelancaran distribusi untuk Pemilu 2024,” tegas Ogi.