23.4 C
Indonesia
Rabu, September 22, 2021
spot_img

Desa Babakan di Pangandaran Jadi Zona Minapolitan

BERITA PANGANDARAN, ruber.id Desa Babakan, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Akan dijadikan zona minapolitan atau kawasan yang memiliki kemajuan pada sektor perikanan.

Desa Babakan dianggap layak jadi zona minapolitan. Karena memiliki berbagai faktor penudukung untuk didorong menjadi kawasan minapolitan sudah lengkap.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pangandaran Asep Noordin mengatakan, dalam Rancangan Tata Ruang Wilayah (RTRW). Desa Babakan sudah pantas untuk dijadikan sentra perikanan.

Terlebih, kata Asep, Kabupaten Pangandaran saat ini sudah memiliki Peraturan Daerah atau Perda terkait RTRW.

BACA JUGA:  Pantai Barat dan Timur Ditata, Pemkab Pangandaran Optimis PAD Naik Tajam

“Di desa (Babakan) ini pembangunan sektor perikanannya lengkap. Di antaranya, banyak para nelayan; pabrik pakan ikan; pelelangan ikan; dan embung,” katanya kepada ruber.id. Usai menghadiri peresmian Unit Produksi Pakan Ikan Mandiri, di Desa Babakan, Kecamatan Pangandaran, Kamis (10/10/2019).

BACA JUGA:  Akhir Masa PPKM Level, Kasus Covid-19 di Pangandaran Turun

Bahkan, menurut Asep, pembangunan Piamari atau akuarium raksasa di Desa Babakan juga menambah faktor penudukung lainnya untuk mendorong desa tersebut menjadi zona minapolitan.

“Kami rasa ini sudah lengkap ya, karena sarana edukasi, pariwisata dan sentra perikanan ada di sini, pokoknya sudah lengkap dan layak. Zona minapolitan ini bakal menjadi kebanggaan bagi warga Jawa Barat, khususnya masyarakat Pangandaran,” ujar Asep.

BACA JUGA:  Akhir Masa PPKM Level, Kasus Covid-19 di Pangandaran Turun

Asep menambahkan, zona minapolitan ini terpisah dengan program Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kementerian Pariwisata yang juga didukung penuh oleh Gubernur Jawa Barat HM Ridwan Kamil.

“Kawasan Ekonomi Khusus ini juga menjadi salah satu harapan untuk memajukan pariwisata di Pangandaran, kami berharap Pangandaran ini bisa terus didukung penuh oleh pemerintah pusat agar menjadi tempat wisata yang berkelas dunia,” tambah Asep. (Arsip ruber.id/dede ihsan)

BACA JUGA:  Porsenitas, Kontingen Pangandaran Diminta Berprestasi

Related Articles

2 KOMENTAR

Comments are closed.

- Advertisement -

Latest Articles