28.4 C
Indonesia
Minggu, September 19, 2021
spot_img

Dampak Buruk Motor Sering Kehujanan, Lakukan Ini untuk Perawatannya

ruber.id – Dampak Buruk Motor Sering Kehujanan, Musim hujan telah tiba, hampir setiap hari sebagian besar wilayah Indonesia diguyur hujan. Bahkan di beberapa daerah mengalami banjir.

Namun demikian, kita mau tidak mau tetap menggunakan kendaraan terutama motor untuk beraktivitas.

Tak ayal, motor kesayangan Anda pun sering kehujanan. Tahukah Anda, Dampak Buruk Motor tanpa disadari, itu dapat merusak motor.

Pasalnya, motor yang sering terkena air hujan juga dapat membuat performanya semakin menurun.

Terutama untuk motor matik, uap air bisa masuk ke filter udara atau filter continuously variable transmission (CVT) pada motor sehingga mengganggu performa pasti terganggu.

BACA JUGA: Jangan Salah Pilih, Berikut Tips Membeli Ban dan Velg Bekas yang Bagus

BACA JUGA:  Motor Tiba-tiba Ngebul? Segera Cek Komponen Ini
BACA JUGA:  Beberapa Pemicu Kebakaran Mobil, Jangan Anggap Remeh

Biasanya akan mengakibatkan motor Anda brebet.

Karena itu, disarankan agar Anda rajin memeriksa kondisi filter. Apabila sudah kotor oleh debu atau berair sebaiknya langsung dibersihkan.

Selain itu, Dampak Buruk Motor sering kehujanan, komponen lain yang wajib diperiksa jika sering mengendarai sepeda motor saat hujan yaitu as mounting, suspensi, kabel, dan kawat-kawat.

Sistem pengereman juga wajib diperiksa bahkan jika perlu dilumasi oleh cairan khusus karena bisa terjadi karat dan getas pada komponen karet.

Ada baiknya sepeda motor langsung dibilas dengan air bersih supaya zat asam pada air hujan tidak menempel di motor yang bila dibiarkan dapat merusak warna bodi dan komponen.

Risiko terburuk terjadi saat air hujan yang telah menempel di kendaraan terkena sengat matahari. Akibatnya, komponem tertentu lebih cepat karatan.

BACA JUGA:  Ini Akibatnya Jika Motor Injeksi Anda Sering Pakai Bahan Bakar Murah
BACA JUGA:  Cara Merawat CVT Motor Matic

Nah untuk memperkecil risiko kerusakan pada sepeda motor, sebaiknya kita sedikit memberikan perhatian ekstra pada kendaraan kita yang terlanjur basah kuyup terguyur air hujan.

Anda disarankan langsung mencuci motor dengan air yang mengalir. Kalau tidak sempat mencucinya minimal disiram dengan air bersih agar air hujan tidak ada lagi yang melekat pada bagian motor.

Kemudian, langsung keringkan sepeda motor dengan cara mengelapnya menggunakan kanebo atau kain bersih yang lainnya.

Jangan biarkan motor Anda yang sudah dicuci kering dengan sendirinya.

Cara tersebut merupakan pertolongan pertama pada motor jika terlanjur basah kuyup terkena air hujan. Semoga informasi ini bermanfaat dan cobalah praktikkan demi keawetan motor Anda. (R004/Tasya)

BACA JUGA:  Musim Hujan Kabin Mobil Bau Tak Sedap? Hilangkan dengan Cara Ini

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles