Ciptakan Politisi Andal di Ciamis, Didi Sukardi Gelar Akademi Politik KDS

akademi politik kds
Anggota DPRD Jawa Barat Fraksi PKS Didi Sukardi menggelar akademi politik KDS di Saung Sawah Sukamaju Ciamis. ist/ruber.id

BERITA CIAMIS, ruber.id – Upaya menciptakan politisi andal di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Didi Sukardi menggelar kegiatan akademi politik KDS.

Kegiatan tersebut mengusung tema Program Strategis Pemkab Ciamis dalam APBD tahun 2022 di bidang pendidikan, kesehatan dan ekonomi.

Direktur Akademi Politik KDS Didi Sukardi mengatakan, tujuan dibentuknya akademi ini adalah, menciptakan politisi yang andal, merumuskan kebijakan publik, dan opinion leader.

Ada tiga alasan Didi mengusung tema tersebut. Pertama, peraturan daerah merupakan informasi publik yang seharusnya diketahui oleh seluruh lapisan masyarakat Tatar Galuh Ciamis.

Kedua, mengajak kepada semua elemen masyarakat untuk senantiasa bersinergi dengan Pemkab Ciamis. Dalam rangka mengejawantahkan visi dan misi Ciamis yang sudah disepakati dan tersurat di dalam RPJMD Ciamis 2019-2024.

Baca juga:  Profil Acil Atlet Hockey Ciamis yang Jadi Atlet Timnas untuk Sea Games 2019

Ketiga, memastikan apa yang menjadi kebijakan dan kegiatan Pemkab benar-benar sesuai dengan kebutuhan. Dan memberikan kemaslahatan bagi masyarakat Ciamis.

“Saat ini Raperda APBD Ciamis 2022 sudah mendapatkan kesepakatan. Antara Pemkab dengan DPRD Ciamis dan sudah diparipurnakan,” kata Didi.

Didi Sukardi yang merupakan anggota DPRD Jawa Barat dari Fraksi PKS ini menyampaikan, bahwa Raperda tersebut masih dalam tahapan evaluasi Gubernur Jabar. Belum masuk kepada lembaran daerah.

“Saya yakin tidak akan ada perbedaan yang signifikan. Antara dokumen yang kita kaji saat ini dengan hasil evaluasi gubernur. Karena kebiasaanya juga memang begitu,” ujarnya.

APBD Ciamis 2022 Rp2,7 Triliun, Beberapa Dinas Disorot

Didi menyebutkan, APBD Ciamis 2022 itu senilai Rp2,7 triliun (Rp2.742.430.046.000). Terdiri dari pendapatan daerah Rp2,4 triliun (Rp2.427.768.163.000).

Baca juga:  Kondusif Selama Pesta Demokrasi, Forkopimda Ciamis Syukuran Doa Bersama

Kemudian, belanja daerah Rp2,7 triliun (Rp2.742.430.046.000) dan pembiayaan daerah Rp361,6 miliar (Rp361.680.151.000).

“Kita sama-sama bedah kebijakan dan pengalokasian anggaran yang dipandang relevan dengan tema sekarang. Paling tidak ada beberapa dinas di Ciamis yang dipandang perlu disorot,” sebutnya.

Di antaranya, Dinas Pendidikan; Dinas Kesehatan; Dinas Tenaga Kerja; Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan; Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan; Dinas Peternakan dan Perikanan; serta Dinas Pariwisata.

“Saya berharap dari forum ini nantinya melahirkan berbagai rekomendasi. Yang secara langsung kita akan sampaikan ke berbagai pihak yang berkepentingan,,” ucapnya.

Adapun yang hadir dalam acara itu yakni, Ketua Fraksi PKS DPRD Ciamis, Kabid Perencanaan BAPPEDA Ciamis, akademisi dari berbagai perguruan tinggi di Ciamis, Tokoh Perempuan.

Baca juga:  Sosialisasi Pemilu Bersamaan dengan Kampanye BPN Prabowo-Sandi, Ini Kata KPU Sumedang

Kepala Desa Pusakanagara, Kecamatan Baregbeg, 13 Ketua Dewan Pengurus Cabang PKS se-Kabupeten Ciamis yang tersebar di 13 Kecamatan.

Kegiatan Akademi Politik KDS yang perdana ini dilaksanakan pada Sabtu (25/12/2021) di Saung Sawah Sukamaju. (R002)