GAYAIN  

Cara Menjadi Brand yang Diperhitungkan oleh Pelanggan

Cara Menjadi Brand yang Diperhitungkan oleh Pelanggan
Foto ilustrasi from Istockphoto

GAYAIN, ruber.id – Saat ingin membeli mie instan, kemungkinan besar ada dua brand yang akan Anda pertimbangkan untuk dibeli, yaitu Indomie dan Mie Sedaap.

Sama halnya ketika ingin menggunakan jasa ojek online, akan ada dua brand yang umumnya dipilih, yaitu Gojek atau Grab.

Di tengah ketatnya persaingan industri mie instan dan ojek online, tidak dapat dipungkiri bahwasanya 4 brand di atas adalah brand yang sering kali diperhitungkan. Dalam Bahasa Inggris, istilah ini disebut dengan brand consideration.

Berikut ini, beberapa cara yang bisa perusahaan Anda lakukan untuk menjadi brand yang diperhitungkan oleh pelanggan.

Tentukan Nama Brand yang Tepat

Langkah pertama supaya brand produk Anda bisa terus diingat oleh pelanggan, adalah dengan membuat nama brand atau merek yang tepat.

Umumnya, merek produk sebuah perusahaan tidak lebih dari dua kata yang semuanya bisa dibaca dengan mudah oleh masyarakat setempat.

Merek sebuah produk sebaiknya tidak panjang, mudah dibaca dan diingat, serta unik dibandingkan dengan kompetitor.

Anda boleh menggunakan bahasa asing atau bahasa daerah, selama nama tersebut masih bisa dibaca dan diingat dengan mudah. Contohnya, Clean & Clear, Purbasari dan masih banyak lainnya.

Sebagai tambahan, Anda juga bisa membuat desain logo yang eye catching alias mampu menarik perhatian masyarakat tapi tidak norak.

Nama brand yang singkat, padat dan jelas, serta logo menarik akan membuat pelanggan lebih mudah untuk mengingat produk Anda.

Tentukan Brand Positioning yang Tepat

Brand positioning, adalah teknik memosisikan brand bisnis Anda supaya dapat dikenali oleh pelanggan dengan mudah.

Baca juga:  HUT ke-1.5 Dekade, Log In Megastore Bagikan 300 Elektronik Gratis untuk Ojol

Umumnya saat melakukan teknik ini, perusahaan akan menawarkan nilai dan inovasi yang tidak dimiliki oleh kompetitor.

Sehingga, pelanggan dapat mengenal brand perusahaan tersebut dengan mudah di tengah banyaknya persaingan. Contohnya adalah mie instan merek Lemonilo.

Nilai yang ditawarkan oleh produk ini dibandingkan dengan produk mie instan lainnya adalah nilai kesehatan.

Artinya, Mie Lemonilo mencoba untuk membentuk citra brand sebagai mie instan yang tidak hanya lezat, tetapi juga sehat.

Untuk menentukan brand positioning yang tepat ini memang diperlukan riset pasar terlebih dahulu.

Agar terlihat menarik, cari kelebihan dan kekurangan perusahaan kompetitor dan manfaatkan kekurangan tersebut untuk membuat nilai dan inovasi yang sekiranya bisa bertahan lama dan sesuai kebutuhan masyarakat.

Tingkatkan Brand Awareness

Brand awareness atau kesadaran, adalah tingkat kemampuan konsumen untuk mengingat produk Anda dalam berbagai kondisi.

Umumnya, brand awareness sebuah perusahaan tidak bisa dibangun secara instan, melainkan harus konsisten dan terus menerus.

Selain iklan, ada banyak cara untuk meningkatkan kesadaran merek ini. Misalnya, dengan konsisten membuat konten di sosial media atau menggunakan teknik SEO untuk meningkatkan kunjungan organik pada laman bisnis perusahaan Anda.

Aplikasi ShopKey dari goshopkey.com akan membantu Anda untuk meningkatkan brand awareness dengan menyediakan fitur unggah ke media sosial secara otomatis.

Anda bisa memanfaatkan banyak template tersedia dalam aplikasi ini, untuk membuat media sosial Anda tampak menarik dan cantik.

Meningkatkan brand awareness ini sangat penting, sebab tentu percuma jika perusahaan Anda sudah memiliki brand positioning bagus. Tapi pelanggan sama sekali tidak ingat dengan produk yang Anda tawarkan, bukan?

Baca juga:  Kenali Teknik Mendongkrak Mobil dengan Benar

Tingkatkan Brand Experience

Brand experience, adalah pengalaman pelanggan dalam mengonsumsi barang dan jasa yang Anda tawarkan.

Tidak hanya dari segi kualitas dan harga barang, pelanggan zaman sekarang juga sangat menghargai kualitas pelayanan yang ditawarkan.

Contoh brand experience dalam toko offline, seperti ketika Anda mendapatkan pengalaman belanja yang baik di Indomaret atau Alfamart karena tokonya bersih dan karyawannya murah senyum.

Kebersihan toko dan karyawan yang senyum bisa jadi tidak mempengaruhi kualitas dan harga barang dibeli. Namun tentunya, mempengaruhi persepsi Anda tentang toko tersebut.

Aplikasi ShopKey, akan membantu Anda dalam meningkatkan brand experience untuk toko online.

Sebab, aplikasi ini menawarkan template website gratis, desain katalog yang cantik dan terus update, serta postingan media sosial yang bagus.

Dengan berbagai fasilitas ini, pelanggan yang baru datang ke toko Anda dapat memiliki persepsi positif mengenai toko tersebut.

Berikan Pelayanan Terbaik

Hal yang tidak kalah penting dalam membangun brand consideration di benak pelanggan, adalah dengan memberikan pelayanan yang terbaik.

Pelayanan terbaik ini, tidak hanya soal karyawan yang murah senyum, tetapi juga soal bagaimana brand Anda setia pada nilai-nilai yang diangkat dalam brand positioning di atas.

Pelanggan yang merasakan pelayanan yang terbaik dari toko Anda, bukan tidak mungkin akan sukarela mempromosikan toko tersebut kepada orang lain.

Bahkan, boleh dibilang kalau strategi pemasaran word of mouth (WOM) ini cukup ampuh untuk meningkatkan penjualan.

Baca juga:  Cara Buat Flash Sale Toko Shopee, agar Jualan Laris Manis

Buat Strategi Pemasaran yang Tepat

Ketika pelanggan sudah tahu atau “aware” dengan produk dan jasa yang Anda tawarkan, mereka akan mempertimbangkan apakah akan membeli produk tersebut atau tidak.

Saat melakukan pertimbangan ini, mereka akan mencoba mencari review atau pembahasan mendalam mengenai produk terkait.

Oleh sebab itu, untuk meningkatkan hal ini, sebaiknya Anda membuat konten bahan pertimbangan tersebut.

Misalnya, dengan meminta influencer untuk melakukan review produk Anda, atau dengan memposting ulang testimoni positif dari pelanggan.

Akan tetapi, Anda harus ingat bahwa konten pertimbangan yang bagus adalah konten pertimbangan yang jujur dan bukan hasil dari spinning kata atau rekayasa.

Meskipun sederhana, masalah seperti ini justru bisa melukai citra produk Anda.

Mempertahankan Nama Baik Perusahaan

Ketika pelanggan sudah mengetahui brand perusahaan Anda, merasakan pengalaman yang baik terhadap brand tersebut. Maka, tugas Anda adalah mempertahankan nama baik perusahaan, supaya pelanggan tersebut bisa datang kembali (consumer retention).

Cara mempertahankan nama baik perusahaan ini tidak melulu soal memberikan publikasi atau marketing yang bagus. Tetapi juga, secara konsisten memberikan produk dan layanan yang bagus pula.

Anda juga bisa mempertahankan nama baik perusahaan dengan terus menerima masukan dari konsumen untuk memperbaiki diri.

Menyusun strategi brand consideration yang apik, akan membantu brand Anda untuk lebih unggul dibandingkan dengan kompetitor.

Hal ini khususnya, apabila perusahaan Anda bergerak di dalam industri yang notabene memiliki banyak pesaing, sehingga harus pandai-pandai mencari celah supaya terlihat unggul.