28.4 C
Indonesia
Minggu, September 19, 2021
spot_img

Cara Mengecilkan Ukuran Foto, Bisa Lewat HP

BERITA TEKNOLOGI, ruber.id – Untuk mengurus persyaratan dokumen, biasanya kita perlu mengetahui cara mengecilkan ukuran foto. Alasannya karena setiap pendaftaran mengharuskan gambar diunggah dalam kapasitas tertentu, sehingga kita perlu mengeditnya sendiri.

Untuk melengkapi seabrek persyaratan, setiap pendaftar diminta melampirkan gambar. Namun, proses pendaftaran seringkali terkendala oleh ukuran file yang dibatasi sekian MB atau KB saja. Untungnya sekarang mengecilkan ukuran foto bisa dilakukan lewat hp.

Menjelang ajaran tahun baru, orang tua akan disibukkan dengan kegiatan daftar ulang. Para siswa juga akan sibuk mendaftar ke jenjang yang lebih tinggi. Sedangkan untuk masyarakat umum, akan ada saja kegiatan melengkapi dokumen untuk berbagai keperluan. Apalagi di masa PPKM Darurat, semua hal dilakukan secara digital.

Melalui Website Khusus

Cara mengecilkan ukuran foto bisa dilakukan melalui website khusus. Sangat mudah karena tidak perlu memasang aplikasi. Tinggal memakai browser bawaan pada hp saja.

Buka situs https://imagecompressor.com/id/ melalui browser. Klik Unggah File dan kamu akan memilih foto yang ingin dikecilkan. Jika diakses dari laptop atau PC, kamu bisa menggeser foto dari galeri ke browser.

Foto yang diunggah akan dikompres otomatis. Setelah itu bisa kamu unduh dan digunakan untuk keperluan melengkapi dokumen. Menariknya, situs ini bisa mengompres 20 foto sekaligus.

Dengan Aplikasi Android

Jika ingin tahu cara mengecilkan ukuran foto lewat aplikasi Android, unduh Photo COmpress & Resize yang dikembangkan oleh Lit Photo. Aplikasi ini sudah tersedia di Playstore.

Setelah proses instalasi selesai, buka aplikasi tersebut. Pilih foto yang kamu inginkan lalu kompres. Kamu bisa mengunggah 100 foto sekaligus lho!

Klik tanda centang yang ada di sisi kanan atas aplikasi. Kamu bisa mengompres gambar sesuai persentasi kualitas. Bisa juga mengecilkan ukuran foto dengan spesifik, misalnya 50 KB.

Jika kualitas dan ukuran sudah diatur, klk Start Compressing. Tungga beberapa saat dan setelah itu hasil foto yang dikompresi akan tersimpan di folder Lit Photo.

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles