oleh

Cara Memilih Cat Tembok untuk Indoor dan Outdoor

BERITA INTERIOR, ruber.id – Cara memilih cat tembok terbagi menjadi dua, yaitu interior dan eksterior. Untuk bagian luar rumah atau outdoor, Anda membutuhkan cat dinding eksterior.

Sedangkan, untuk bagian dalam rumah atau indoor, lebih dianjurkan memakai cat interior. Kedua jenis cat ini memiliki karakteristik yang berbeda sesuai fungsinya.

Cat dinding berkualitas memiliki keunggulan mudah dibersihkan, anti noda, bahkan tahan cuaca ekstrem. Cara memilih cat tembok juga harus disesuaikan dengan letaknya (indoor atau outdoor). Beberapa merek cat yang dijual bebas diantaranya Nippon Paint, Jotun, Paladin, dan Danapaint.

Sesuaikan Warna Cat Tembok dengan Tema
Tentukan tema atau kesan apa yang ingin Anda tonjolkan dari rumah. Warna putih adalah pilihan cat tembok yang cocok untuk interior dan eksterior.

Namun, masih banyak warna lain untuk digunakan. Sebaiknya tidak asal memilih, karena warna cat tembok bisa mempengaruhi suasana hati penghuni rumah.

Warna Pastel untuk Suasana Tenang
Cara memilih cat tembok yang menciptakan kesan tenang dan damai, pilih warna pastel. Hijau muda, biru laut, atau ungu dapat memberikan kesan ruangan yang lembut dan elegan.

Warna cat dinding yang menenangkan dapat menghilangkan stres dan cocok untuk Anda yang berkarakter introvert.

Warna Cerah untuk Karakter Berani
Jika Anda memiliki karakter yang dinamis, senang bergaul dan berjiwa muda, maka sebaiknya pilih warna-warna cerah.

Kuning menyala, pink tua, dan biru dongker akan menciptakan kesan tegas dan percaya diri. Warna-warna ini menghadirkan perasaan bebas dan penuh percaya diri.

Pilih Cat Dinding Berdasarkan Karakteristik
Selain membedakan sesuai fungsinya, cara memilih cat tembok juga harus diperhatikan dari karakteristik.

Ada yang disebut cat glossy, ada juga yang disebut doff atau matte. Cat glossy akan lebih mengkilap saat terkena cahaya. Sedangkan cat doff lebih sederhana karena menyatu pada dinding.

Sesuaikan Cat dengan Lokasinya
Bagian indoor dan outdoor membutuhkan cat yang berbeda. Untuk cat khusus interior, lebih bagus menggunakan cat berbahan dasar air (water-based). Keunggulan dari jenis cat ini lebih mudah dibersihkan saat terkena noda.

Sedangkan untuk bagian luar rumah, sebaiknya pilih cat dinding khusus eksterior. Biasanya cat dinding untuk outdoor menggunakan bahan latex acrylic. Saat terkena sinar matahari, air hujan dan perubahan cuaca, cat jenis ini tidak akan mudah mengelupas. (CW-004/Dewi)

BACA JUGA: Tips Menata Dapur Selalu Rapi, Bikin Semangat Masak

loading...

Komentar