GARUT  

Bupati Garut Terima Kunker Direktur PTPN VIII

Bupati Garut Terima Kunker Direktur PTPN VIII
Bupati Garut Rudy Gunawan, menerima kunker Direktur PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VIII, di Ruang Pamengkang, Garut Kota, Garut, Jumat (10/2/2023). ist/ruber.id

BERITA GARUT, ruber.id – Bupati Garut Rudy Gunawan, menerima kunjungan kerja (Kunker) Direktur PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VIII, Didik Prasetyo beserta rombongan, di Ruang Pamengkang, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Jumat, 10 Febuari 2023.

Bupati Rudy menyampaikan, kunker Direktur PTPN VII dalam rangka penyampaian informasi mengenai pemanfaatan lahan milik PTPN oleh masyarakat di sekitar kebun.

“Karena ini adalah aset negara, masyarakat itu boleh memakai. Ia pakai (tapi) ada perjanjiannya, seperti LMDH (Lembaga Masyarakat Desa Hutan),” ujar Bupati Rudy.

Program tersebut, kata Rudy, diberi nama oleh PTPN VIII dengan nama Pemberdayaan Masyarakat Desa Kebun (PMDK).

Program tersebut, dilakukan sebagai upaya perusahaan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan melindungi aset milik perusahaan.

Baca juga:  Tak Masuk Ring 1 Pembagian Bonus Panas Bumi, Kades Sarimukti Garut Protes

“Silakan digarap, nanti itu ada kesepakatan, akan lebih detail lagi. Soalnya, Pemda sendiri tidak bisa ikut campur karena itu hak private.”

“Jadi, Pemda menfasilitasi bahwa masyarakat itu, itu boleh menggarap tanahnya di lahan itu, dalam bentuk pemanfaatan tanah,” ucap Rudy.