Bukan Sekadar Pelembap, Ini Segudang Manfaat Minyak Zaitun

  • Bagikan
Minyak Zaitun
MINYAK zaitun memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Foto: hellosehat.com

TIPS & HOBI, ruber.id – Saat ini, banyak orang menggunakan minyak zaitun atau olive oil iniuntuk massage atau pelembap.

Sekadar diketahui, minyak zaitun adalah lemak atau minyak yang diperoleh dari hasil penggilingan buah zaitun.

Minyak ini berasal dari tanaman tradisional di wilayah Mediterania dan mengandung lemak, vitamin E, antioksidan, vitamin K. Kandungan lainnya yakni zat besi, kalsium, dan kalium, namun kadarnya sangat sedikit.

Karena kandungan-kandungan itulah, saat ini olive oil telah digunakan dalam berbagai keperluan. Di antaranya obat-obatan, bahan masakan, sabun, bahan bakar untuk lampu tradisional dan kosmetik.

Anda juga bisa mencampurkan minyak zaitun ke dalam makanan atau dioleskan ke bibir sebagai pelembut dan lip gloss untuk mengatasi bibir pecah-pecah.

Seperti yang kita tahu, manfaat minyak zaitun adalah untuk melembutkan kulit yang kering dan retak-retak, misalnya pada siku dan tumit.

Namun ternyata sebuah penelitian menunjukkan bahwa minyak zaitun bermanfaat untuk membantu penyembuhan kulit setelah terkena luka bakar ringan dan mampu mencegah berkembangnya kanker kulit.

Berikut segudang manfaat olive oil untuk kulit wajah dan tubuh yang wajib Anda ketahui.

Manfaat untuk Kulit Wajah

Bagi Anda yang sering memakai make up, minyak zaitun bisa dimanfaatkan untuk menghapus sisa-sisa make up di wajah.

Bahkan, banyak merek kosmetik yang kini membuat produk cleansing oil untuk mencuci wajah. Nah, cleansing oil tersebut terbuat dari minyak-minyak alami, salah satunya minyak zaitun.

Terlebih, olive oil bebas bahan kimia paraben yang berbahaya, dan tidak melenyapkan minyak alami di wajah.

Tapi ingat, ketika menggunakan minyak zaitun sebagai cleansing oil, Anda harus berhati-hati jika masih memakai lensa kontak. Dikhawatirkan minyak akan mengendap di lensa kontak.

Anda juga bisa memanfaatkan olive oil untuk masker wajah. Mudah sekali, Anda cukup oleskan olive oil extra virgin (murni) ke wajah.

Atau, Anda bisa mencampurkan dua sendok teh cuka sari apel, satu sendok teh minyak zaitun, dan satu sendok teh madu lalu oleskan pada wajah, diamkan selama 10-15 menit.

Baru setelah itu Anda bilas dengan air hangat dan keringkan wajah dengan cara ditepuk-tepuk menggunakan handuk bersih.

Kandungan nutrisi dan antioksidan di dalam olive oil dapat memelihara kesehatan kulit dan membantu mengurangi keriput.

Manfaat untuk Kulit Tubuh

Dalam sebuah penelitian, disebutkan bahwa olive oil dapat membantu melindungi tubuh dari serangan kanker termasuk kanker kulit, dan menangkal dampak sinar matahari pada kulit.

Khasiat ini terkait dengan kandungan antioksidan dan antiradang yang terkandung di dalam olive oil. Meski begitu, manfaat olive oil secara klinis untuk kanker masih perlu pembuktian lebih lanjut.

Disamping itu, zat antioksidan dan antiradang dalam minyak zaitun dipercaya dapat membuat kulit menjadi halus dan lebih cerah.

Bukan hanya dioleskan ke kulit, mengonsumsi olive oil juga dapat memberi Anda manfaat antioksidan untuk melawan radikal bebas. Serta mengatasi peradangan yang menyebabkan munculnya kerutan dan mengurangi kekencangan kulit.

Selain itu, olive oil diduga bisa untuk mengobati eksim (kulit merah dan gatal), psoriasis (kulit merah dan terkelupas), serta infeksi jamur (kurap atau ringworm, jamur di lipatan tubuh, dan panu).

Namun, butuh penelitian dan bukti lebih lanjut mengenai hal ini.

Yang perlu Anda ingat, meskipun alami, apabila setelah dioleskan minyak zaitun terdapat tanda-tanda alergi, seperti gatal, merah, dan muncul ruam di kulit, segera hentikan pemakaian dan konsultasikan pada dokter.

Manfaat untuk Kesehatan Tubuh

Terkenal sebagai pelembap dan bahan kecantikan, minyak zaitun pun memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Di antaranya sebagai berikut.

  • Memelihara Kesehatan Jantung
  • Menekan risiko Alzheimer
  • Memerangi pankreatitis akut
  • Menjaga kesehatan hati
  • Melindungi dari peradangan usus kronis
  • Memperbaiki rambut bercabang
  • Mengurangi ketombe
  • Menguatkan dan mengembalikan kilau alami rambut
  • Menurunkan risiko depresi
  • Menurunkan risiko kanker payudara
  • Menjaga berat badan sehat
  • Menekan risiko diabetes tipe 2
  • Mengobati rheumatik
  • Membersihkan usus
  • Mencegah osteoporosis

Itulah segudang manfaat olive oil yang mungkin belum Anda tahu. Semoga informasi ini dapat bermanfaat! (CW-002)

BACA JUGA: Pengen Badan Tetap Bugar Meski Tidur Sebentar? Ikuti Tips Ini

  • Bagikan