oleh

BLT Dana Desa Mulai Dicairkan, Bantuan COVID-19 Tahap 2 di Pangandaran Telah Disiapkan

PANGANDARAN, ruber.id – Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) mulai dicairkan oleh pemerintah pusat kepada keluarga penerima manfaat di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsos PMD) Kabupaten Pangandaran Wawan Kustaman mengatakan, keluarga penerima manfaat BLT dana desa itu menerima sebesar Rp600.000/bulan.

“Jumlahnya sekitar 10.000 kepala keluarga (KK), bantuan itu selama 3 bulan, terhitung dari bulan April hingga Juni 2020,” katanya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Minggu (17/5/2020).

Di sisi lain, kata Wawan, bantuan jaring pengaman sosial (JPS) penanggulangan COVID-19 dari Pemkab Pangandaran tahap dua telah dipersiapkan.

“Penyaluran bantuan berupa voucher senilai Rp150.000 itu ditargetkan rampung pada H-5 lebaran,” ujarnya.

Dihubungi terpisah, Koordinator Program Keluarga Harapan (PKH) Pangandaran Ade Ajat Sudrajat menyampaikan, saat ini voucher beras dan sembako mulai didistribusikan.

“Launching bantuan JPS tahap dua Insyaalloh hari Selasa (besok), hari itu juga voucher sudah bisa ditukarkan,” tuturnya.

Penyaluran bantuan tersebut, kata Ajat, dari Pemkab dikirim ke desa, setelah di desa teknis pengambilan diatur oleh masing-masing desa.

Ajat menyebutkan, adapun masyarakat yang berhak mendapatkan voucher itu, di antaranya mereka yang tidak menerima bantuan PKH, BPNT.

“Kemudian, suami atau istri PNS/ASN, anggota TNI/Polri, keluarga kaya raya, daftar tetap penerima program sembako Pemprov Jabar dan program BLT Pusat,” sebutnya. (R002/dede ihsan)

BACA JUGA: Penyaluran Bantuan COVID-19 Tahap 2 di Pangandaran Didistribusikan H-5 Lebaran

loading...