21.4 C
Indonesia
Minggu, Oktober 17, 2021
BJB KPRBJB KPRBJB KPR

Bikin Nyaman, Coffee Shop Sarvara Dikonsep Layaknya ‘Rumah Sendiri’ untuk Para Penikmat Kopi

SUMEDANG, ruber – Berawal dari hobi menikmati kopi dan menjadi barista di coffee shop orang lain, Annisa Maghfira Adriani mulai terinspirasi untuk menjadikan hobi sebagai usahanya.

BACA JUGA: Berawal Dari Hobi, Julius Rintis Bisnis Miniatur Gundam di Sumedang

“Awalnya cuma suka ngopi, lama-lama jadi terpikirkan, daripada ngeluarin terus uang untuk ngopi, gimana caranya untuk bisa ngopi kapanpun secara gratis,” ungkap Anisa yang ditemui ruber, Rabu (16/1/19).

Jenis-jenis kopi yang disediakan di Coffee Shop Sarvara milik Anisa yang berlokasi di Jalan Tampomas Nomor 22, Sumedang Utara, ini juga beragam.

Namun menurutnya, warga Sumedang kini sedang menyukai kopi saring yang biasa disebut v60. Jenis kopi arabica dan hanya disaring dengan paper filter.

Kadang pula, warga Sumedang menggemari dengan menggunakan es atau yang disebut Japanesse.

Seiring berjalannya waktu, minat warga Sumedang untuk membuka usaha coffee shop juga semakin tinggi. Membuat persaingan yang dialami oleh Anisa juga semakin tinggi.

Namun menurutnya, semakin banyak coffee shop yang ada, makin banyak pula penikmat kopi dan makin memilih dan memilah mana kopi yang lebih enak dan sebagainya.

“Namun untuk mengatasi persaingan yang ada, bagaimana caranya coffee shop saya menjadi ‘rumah’ yang selalu ada untuk mereka. Kehangatan dan cita rasa merupakan apa yang kita jual,” ucapnya.

Di coffee shop milik Anisa, tidak ada keterbatasan antara barista dan pengunjung. Banyak yang awalnya tidak kenal menjadi kenal, tidak akrab menjadi akrab bahkan menjadi pasangan merupakan ‘magic’ yang sering terjadi di coffee shop milik Anisa.

Sebenarnya, latar belakang Anisa pun juga bukan pebisnis. Karena latar belakang Anisa adalah kesehatan, jadi bagaimana caranya untuk ‘memanusiakan manusia’ pada barista dan server.

“Jangan takut untuk memulai usaha apapun, meskipun usaha itu masih terbilang kecil dan latar belakang kita bukan pebisnis. Harus tetap sabar dan percaya dengan proses.”

“Jangan menyerah, dan jangan pernah bosan untuk selalu eksplor dan cari referensi agar bisnis kita lebih berwarna,” papar Anisa mengakhiri perbincaraan. qin/mg

loading…


BACA JUGA:  Selain ASN, Bupati, Wabup & Sekda Sumedang Sumbangkan Gajinya untuk Penanganan Corona

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles