Rabu, 12 Agu 2020

Besok, KPU Pangandaran Simulasi Pencoblosan Pemilu di Pelabuhan Cikidang

Baca Juga

SOTK Baru, Pemkab Pangandaran Siapkan Assessment

PANGANDARAN, ruber -- Dengan adanya Struktur Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) baru, Pemerintah Kabupaten Pangandaran berencana melaksanakan penilaian/assessment terhadap pejabat eselon II. Sekretaris Daerah Kabupaten...

Pemkab Pangandaran Klaim Stok Beras Aman Hingga Lebaran

PANGANDARAN, ruber -- Ketersediaan beras di Kabupaten Pangandaran diklaim aman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat hingga Lebaran, Idul Fitri 1440 H. Kepala Bidang Ketahanan Pangan pada...

Pendapatan Menurun, Pedagang Pasar Sandang Sumedang Unjuk Rasa ke DPRD

SUMEDANG, ruber -- Sejumlah pedagang Pasar Sandang Sumedang mendatangi kantor DPRD Kabupaten Sumedang, Kamis (3/1/2019). Kedatangan mereka tidak lain adalah untuk kembali meminta solusi kepada...

Karamatwangi Sukses Kelola Dana Desa untuk Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat

GARUT, ruber -- Selain pembangunan infrastruktur yang terus dikebut, Desa Karamatwangi, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut juga fokus terhadap pemberdayaan ekonomi masyarakat. Kepala Desa Karamatwangi.Gunawan Taufik...

WARGA mencoblos di TPS. ilustrasi/net

PANGANDARAN, ruber — Besok, KPU Pangandaran akan melakukan simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2019 di TPS 16 di Dusun Kalapatiga, Desa Babakan, Kecamatan Pangandaran.

Ketua KPU Pangandaran Muhtadin mengatakan, mekanisme simulasi menggunakan standar sesuai pungut hitung suara yang hendak dilaksanakan 17 April mendatang.

“Simulasi yang akan digelar besok sama persis dengan pelaksanaan hari H nanti, sekitar jam 07.00 WIB para pemilih mulai berdatangan ke lokasi TPS 16,” katanya, Kamis (4/4/2019).

Pelaksanaan simulasi, kata Muhtadin, melibatkan warga sekitar TPS tersebut dari berbagai unsur, mulai dari pemilih pemula hingga pemilih yang berusia di atas 60 tahun.

“Mereka nantinya diarahkan langsung ke meja daftar hadir pemilih dan melakukan pemeriksaan seperti penyesuaian KTP dan formulir C6.”

“Apakah sesuai dengan DPT atau tidak, lalu jari-jari tangannya pun diperiksa. Kemudian, kedatangan pemilih harus menandatangani formulir C7 yang disesuaikan dengan jenis kelamin,” ujarnya.

Muhtadin menambahkan, pemilih juga bakal menerima nomor urut panggilan.

Lalu, mencoblos di bilik suara dan memasukkan kertas suara yang telah dicoblos ke dalam kotak suara sesuai dengan warna.

“Simulasi ini bertujuan mengecek kesiapan dari penyelenggara pemilu, khususnya teman-teman KPPS,” tambahnya.

Tak hanya itu, simulasi juga untuk mengetahui sejauh mana kesiapan dan waktu yang dibutuhkan setiap tahapan-tahapan pemungutan dan perhitungan suara.

“Di dalamnya juga mengukur waktu bagi pemilih pemula, pemilih usia produktif dan pemilih yang sudah di atas 60 tahun,” terangnya.

Muhtadin menyebutkan, simulasi ini untuk mengetahui beberapa kendala di tiap tahapan, termasuk hal-hal teknis yang menjadi problem bagi pemilih maupun penyelenggara pemilu.

“Kegiatan ini akan menghasilkan rekomendasi ataupun catatan yang nanti dievaluasi dan didiskusikan bersama untuk mencari jalan keluar dengan melibatkan anggota Bawaslu,” sebutnya.

Alasan simulasi ditempatkan di salah satu TPS, yakni untuk menggambarkan TPS yang ada saat pemilu tiba, sehingga masyarakat siap menggunakan hak pilihnya pada hari H. dede ihsan

loading…


Komentar

loading...

Artikel Terbaru

Tips Memilih Gadget Terbaik Sesuai Kebutuhan, Simak!

GADGET, ruber.id - Saat ini perangkat elektronik dan teknologi telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat. Dengan begitu banyak gadget keren yang bermunculan...

Pasien Positif Corona di Sumedang Sembuh 2, Nambah 1 dari Cibugel

SUMEDANG, ruber.id - Pasien positif virus corona di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat yang masih dalam perawatan berkurang 1, Selasa (11/8/2020).

Forum Pemuda Pangandaran Segera Membedah Kebijakan Pembangunan Daerah

PANGANDARAN, ruber.id - Forum Pemuda Pangandaran akan menggelar diskusi mengenai kebijakan pembangunan daerah di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Segera Diputuskan, Sekolah Tatap Muka di Pangandaran Dimulai Jenjang SD dan SMP

PANGANDARAN, ruber.id - Pemkab Pangandaran, Jawa Barat belum dapat menentukan waktu dimulainya pembelajaran tatap muka di sekolah. Meski demikian, skema belajar siswa...

Hasil Europa League: Man Utd dan Inter Melaju ke Semi Final

SPORT, ruber.id - Manchester United dan Inter Milan melaju ke babak semi final Uefa Europa League (UEL) 2020. Pada...