Sunday, 5 Jul 2020

[BERITA+VIDEO] Tahura Gunung Kunci-Palasari Sumedang Bakal Disulap Jadi Victoria Peak Hongkong

Baca Juga

Hadapi New Normal, Sosiolog Unas: Gagasan Rektor IPB Krusial

JAKARTA, ruber.id - Pandemi COVID-19 telah menyebabkan ketidakpastian terhadap seluruh lini kehidupan masyarakat. Untuk itu, diperlukan kebersamaan dalam menghadapi...

Kebun Ganja Ditemukan di Gunung Guntur Garut, Siapa yang Tanam?

Kebun Ganja Ditemukan di Gunung Guntur Garut, Siapa yang Tanam? GARUT, ruber.id -- Warga Kabupaten Garut, Jawa Barat digegerkan dengan adanya kebun ganja di lereng...

Pentingnya Ketahanan Pangan di Tengah Pandemi Corona Menurut Rektor IPB dan Pakar Ekonom UI

JAKARTA, ruber.id - Ketahanan pangan di tengah pandemi corona menjadi isu yang selalu dibahas, terutama di Indonesia. Permasalahan utamanya...

Resmi, Gelandang Muda Berbakat Italia Gabung Inter Milan

BolaPlus.ID, ruber -- Resmi, Inter Milan dikabarkan telah mendapatkan gelandang muda berbakat Italia, Stefano Sensi. BACA JUGA: Pemain Inter Milan Berdarah Indonesia Akan Dibuang ke...

Simak video wawancara selengkapnya terkait berita ini, klik foto atau gambar di atas.

SUMEDANG, ruber — Taman hutan raya (Tahura) Gunung Kunci dan Gunung Palasari bakal terkoneksi dan dijadikan Sumedang Park layaknya Victoria Peak, Hongkong.

Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir mengatakan, hal ini merupakan upaya dalam rangka mendukung investasi sektor pariwisata.

Saat ini, kata Dony, Sumedang menerima peluang kerjasama dengan investor dari Singapura.

Peluang kerjasama ini dibahas dalam ekspose yang disampaikan PT Daya Inti Selaras sebagai penghubung investor dari Singapura di hadapan Bupati H Dony Ahmad Munir dan Wakil Bupati H Erwan Setiawan di Ruang Rapat Tadjimalela Bappppeda, Rabu (17/7/2019).

Bupati menyambut gembira investor yang berencana menanamkan modalnya di Kabupaten Sumedang dengan mengembangkan pariwisata, khususnya di Kawasan Tahura Gunung Kunci dan Palasari.

“Saya harap rencana ini dapat segera terealisasi, sehingga mampu menarik para wisatawan sebanyak-banyaknya untuk datang hingga mampu meningkatkan perekonomian dan taraf hidup masyarakat Sumedang,” ucapnya usai ekspose.

Untuk itu, Dony meminta kepada dinas terkait agar segera melakukan kajian, menyinkronkan dan mengecek ulang terkait situs-situs yang ada di Gunung Kunci dan Palasari.

“Optimalkan kawasan Tahura dengan tetap menonjolkan kebudayaan yang ada di Sumedang,” tuturnya.

Dony menambahkan, dengan adanya pembangunan kawasan wisata di Kabupaten Sumedang diharapkan mampu meningkatkan daya tarik para wisatawan untuk berkunjung ke Sumedang.

Di tempat yang sama, CEO PT Daya Inti Selaras Dani Rinaldi mengatakan, Kabupaten Sumedang merupakan daerah yang memiliki banyak potensi untuk dikembangkan.

Selain letaknya yang strategis sebagai wilayah penyangga Kota Bandung atau Ibu kota Provinsi Jawa Barat.

“Sudah cukup lama kami mendata potensi yang ada di Kabupaten Sumedang. Sesudah melakukan kajian berdasarkan arahan dari Dinas PUPR dan dinas terkait lainnya, Sumedang sangat tepat untuk pengembangan kawasan pariwisata,” ucapnya.

Dia berencana akan membuka wisata wahana bernama Sumedang Park.

Di mana nantinya, akan ada wahana kereta gantung yang menghubungkan antara Gunung kunci dan Gunung Palasari, museum peninggalan Belanda, teater kesenian, tempat bermain anak-anak, dan fasilitas hiburan lainnya.

“Dalam pelaksanaannya ditemukan beberapa kendala antara lain situs-situs yang tidak boleh dirubah. Tapi kami akan terus berupaya memberikan yang terbaik untuk Kabupaten Sumedang di sektor ini (pariwisata),” katanya. luvi

loading…


Komentar

loading...

Artikel Terbaru

Gempa 5.3 Magnitudo Guncang Blitar, Terasa Hingga Cilacap

NASIONAL, ruber.id - Gempa bumi Magnitudo 5.3 mengguncang wilayah Kabupaten Blitar, Jawa Timur, Minggu (5/7/2020) dini hari. Gempa bumi...

Update COVID-19 Kabupaten Tasikmalaya: 5 Kasus Positif, ODP 9 Orang

TASIKMALAYA, ruber.id - Total kasus konfirmasi positif COVID-19 di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat sebanyak 5 orang. Dari total kasus...

Kabar Baik, Pasien Positif Corona di Garut Tinggal 1 Orang

GARUT, ruber.id - Kabar baik, pasien positif COVID-19 di Kabupaten Garut, Jawa Barat yang masih dirawat tinggal tersisa 1 orang.

Seorang Pendaki Hilang di Gunung Guntur Garut

GARUT, ruber.id - Seorang pendaki dilaporkan hilang di Gunung Guntur, Desa Sukawangi, Kecamatan Tarogong Kaler Kabupaten Garut, Jawa Barat, sejak Sabtu (4/7/2020).

Alhamdulillah, Pasien Positif Corona di Kota Tasikmalaya Tinggal 2 Orang

TASIKMALAYA, ruber.id - Dari 26 orang pasien positif corona asal Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, kini tersisa tinggal 2 pasien yang masih menjalani...