28.4 C
Indonesia
Selasa, Agustus 3, 2021
spot_img

Tips Mengendarai Motor Matik di Jalan Menurun

BERITA OTOMOTIF, ruber.id – Sering kali kita mendengar berita tentang kecelakaan motor matik di jalan yang menurun. Berbagai alasan mengapa kecelakaan itu terjadi sering terdengar. Salah satunya adalah masalah rem.

Memang sudah menjadi rahasia umum bahwa motor matik kerap mempunyai masalah rem ketika melewati jalan menurun.

Diketahui, mengendarai motor matik hanya mengandalkan rem dan gas saja. Mereka tidak bisa dibantu mesin seperti yang biasa dilakukan oleh motor-motor manual.

Sehingga, rem sering kali panas dan mengakibatkan blong. Akan menjadi masalah besar jika rem tidak bisa digunakan saat di jalanan yang menurun.

Keadaan seperti ini akan membuat pengendara panik. Sehingga tidak bisa mengontrol motor yang dia kendarai dan kecelakaan pun tidak dapat dihindari.

BACA JUGA:  Ini Penyebab Rem Blong dan Cara Mengatasinya
BACA JUGA:  Truk Muatan Botol Jamu Terguling di Jalan Raya Bandung-Cirebon

Sangat disayangkan bukan, liburan di tempat yang lebih tinggi berakhir dengan rasa sedih.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti rem blong saat melewati jalan menurun, sebaiknya pengendara menyimak beberapa tips aman lewati jalan menurun pakai motor matik.

Syarat utama pengendara adalah tenang. Dalam keadaan apa pun kita harus tetap tenang meski dalam keadaan terdesak sekalipun.

Kita dapat melakukan beberapa tindakan untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan di jalan menurun pada motor matik.

Pertama, rem jangan ditekan sepenuhmya. Nah ketika pengendara motor matik sedang mengaspal di jalan menurun, sebaiknya jangan menekan rem penuh.

Kalian cukup menekan secara perlahan hingga putaran mesin melambat. Dengan begitu pengendara bisa menghemat rem agar tidak terjadi rem blong.

BACA JUGA:  Truk Muatan Botol Jamu Terguling di Jalan Raya Bandung-Cirebon
BACA JUGA:  Ini Penyebab Rem Blong dan Cara Mengatasinya

Kedua, imbangi rem dengan gas. Putaran mesin akan ikut membantu menahan laju motor ketika pengendara menarik gas secara perlahan. Sehingga rem dapat terbantu.

Jangan sampai kalian berpikir dengan adanya jalan menurun, pengendara bisa melepas gas begitu saja, dengan dalih meluangkan waktu untuk istirahat sejenak.

Kedua tips tersebut bisa kalian coba untuk menghindari rem blong atau kecelakaan di jalan menurun jika menggunakan motor matic. (CW-006/khairul anam)

BACA JUGA: Benarkah Bunyikan Klakson Bisa Atasi Mobil Mati di Tengah Rel Kereta Api?

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles