SUMEDANG, ruber.id — Banjir lumpur genangi Jalan Raya Umar Wirahadikusumah di Dusun Bakom, Desa Linggajaya, Kecamatan Cisitu, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Ahad (12/1/2020) pagi.

Selain mengganggu arus lalu lintas, banjir lumpur juga masuk ke rumah warga di lokasi tersebut.

Rumah terdampak banjir lumpur yaitu milik Popon, 53. Genangan lumpur di rumah ini setebal 50 sentimeter.

Kepala Satpol PP, Damkar, dan Limnas Kabupaten Sumedang Bambang Rianto menyebutkan, pihaknya menurunkan 1 unit mobil Damkar ke lokasi.

Selain itu, sejumlah personel juga diturunkan untuk membantu penanganan genangan lumpur di lokasi tersebut.

“Banjir lumpur terjadi paskahujan deras dengan intensitas sedang, di lokasi juga saluran pembuangan air atau drainase mampet,” ucap Bambang melalui rilis yang diterima ruber.id, Ahad siang.

Akibatnya, selain menggenangi akses jalan provinsi penghubung Sumedang-Garut, 1 rumah warga juga terdampak banjir lumpur tersebut.

“Sejumlah peralatan rumah tangga, milik Ibu Popon rusak. Dan ketebalan lumpur mencapai 50 sentimeter,” sebutnya.

Bambang menambahkan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, badan jalan yang sempat tertutup genangan lumpur juga sudah dibersihkan.

“Akses jalan bisa dilalui kendaraan. Kami imbau warga yang melintas lebih berhati-hati saat melintas di sekitar lokasi,” ujarnya.

Selain petugas Damkar, anggota Koramil dan Polsek Cisitu, serta warga sekitar juga turut membantu penanganan banjir lumpur di lokasi. (R003)

Baca berita lainnya: Banjir Cileuncang di Jalan Pangeran Kornel Sumedang Bikin Macet dan Ganggu Aktivitas Warga