Baca Doa ini, Niscaya Rasa Cemas akan Hilang

Doa menghilangkan rasa cemas
Foto: ilustrasi by pixabay

BERITA TIPS, ruber.id – Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa cemas, salah satu caranya yakni dengan memanjatkan doa kepada Allah SWT.

Terlebih, setiap orang pasti pernah mengalami rasa cemas. Hanya saja, kita jangan cemas belebihan.

Oleh karena itu, jika Anda mengalaminya cukup berserah dan bertawakal melalui doa.

Sebab, tidak ada daya upaya melainkan atas pertolongan Allah SWT.

Berikut ada beberapa doa yang jika diamalkan niscaya akan mencegah dan menghilangkan rasa cemas.

Berdasarkan Surat Al Baqarah

Pada Alquran Surat Al Baqarah terdapat ayat yang dapat digunakan sebagai doa untuk menghilangkan rasa cemas. Tepatnya, pada ayat ke 250.

Adapun ayatnya adalah sebagai berikut “rabbanaa afrig alainaa shabraw wa tsabbit aqdaamanaa wansurnaa alal qaumil kafiriin.” Artinya ialah “Ya Tuhan kami. Berikanlah kesabaran kepada kami, kukuhkanlah langkah kami dan tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir.”

Baca juga:  Serba Serbi Baju Hitam agar Tak Membosankan

Berdasarkan Hadis Nabi

Imam Thabrani dari Abu Umamah mengatakan “sesungguhnya Nabi Muhammad SAW mengajari seseorang, katakanlah “allahumma inni asaluka nafsan bika muthmainnah tuminu biliqo ika wa tardho bi qodho ika wataqnau bi atho bikha“.

Yang artinya ialah “Ya Allah. Aku memohon kepadaMu hati yang tenang kepadaMu. Yang yakin akan bertemu dengan Mu. Yang ridho dengan ketetapan Mu. Dan yang merasa cukup dengan pemberianMu.”

Selain diatas, ada juga doa yang paling sering dibacakan. Doa yang dimaksud adalah sebagaimana berikut.

“Allahumma inni audzubika minal hammi wal hazan. Wa audzubika minal ajzi wal kasal, Wa audzubika minal jubni wal bukhl, Wa audzubika min ghalabatid daini wa qahrir rijaal.”

Ya Tuhanku. Aku berlindung kepadaMu dari rasa sedih dan kecemasan, dari rasa lemah dan kelemahan. Dari kebakhilan dan sifat pengecut. Serta beban utang dan tekanan orang-orang jahat.”

Baca juga:  Membuat Masker Wajah dari Bahan Alami

Doa – doa tersebut niscaya bisa membuat hati kita tenang. Terutama jika dibacakan tiap hari setelah sholat di pagi hari dan sore hari.

Penulis : Shendy Boy TD