CIAMIS  

Antisipasi Kemacetan Arus Mudik, Polres Ciamis Siapkan Jalan Alternatif Menuju Bandung

Antisipasi Kemacetan Arus Mudik, Polres Ciamis Siapkan Jalan Alternatif Menuju Bandung
Enam hari menjelang Lebaran, arus lalu lintas di jalur mudik Kabupaten Ciamis terpantau ramai lancar. foto: ist

BERITA CIAMIS, ruber.idEnam hari menjelang Lebaran, Selasa (26/4) 1443 Hijriah, situasi arus lalu lintas di jalur selatan yang melintasi Kabupaten Ciamis sejak pagi hingga siang hari masih ramai lancar.

Itu terpantau dari seluruh Pos Pelayanan dan Pengamanan serta Terpadu Operasi Ketupat Lodaya 2022 Polres Ciamis.

Kapolres Ciamis AKBP Tony Prasetyo Yudhangkoro mengatakan, situasi arus lalu lintas di wilayah hukum Polres Ciamis dari Bandung maupun Cirebon terpantau ramai lancar pada Selasa (26/4/2022).

“Pantauan sementara hasil dari Pos Pelayanan dan Pengamanan serta Terpadu Ops Ketupat Lodaya 2022, dari arah Bandung terpantau ramai lancar, sedangkan arah Cirebon terpantau lancar. Sementara dari arah Banjar terpantau lancar,” kata AKBP Tony Prasetyo Yudhangkoro.

Baca juga:  Sebentar Lagi, Jalan di Desa-desa di Ciamis Tak Akan Gelap Lagi

Kapolres menambahkan, pihaknya akan selalu merespons cepat ketika terjadi kepadapatan kendaraan yang menimbulkan kemacetan arus lalu lintas. Rekayasa arus lalu lintas pun akan dilakukan ketika kepadatan kendaraan terjadi.

Oleh karena itu, untuk menghindari kepadatan arus lalu lintas, Kapolres mengimbau kepada masyarakat khususnya yang datang dari arah Banjar menuju Bandung bisa menggunakan sejumlah jalur alternatif. Sehingga tidak terjadi kepadatan arus lalu lintas di pusat kota Ciamis.

Jalur alternatif yang bisa digunakan di antaranya Jalan Lingkar Selatan, Jalan Cimaragas, dan Jalan Cisaga-Rancah.

“Ini kami sampaikan agar tidak terjadi penumpukan kendaraan di pusat kota Kabupaten Ciamis karena banyaknya pemudik yang melintasi kawasan Alun Alun Ciamis,” ungkapnya.

Baca juga:  Mobil Kadis Pertanian Pangandaran Tabrakan di Ciamis, 1 Kritis

Kapolres juga berpesan kepada para pemudik yang hendak melakukan perjalanan melalui jalur selatan Jawa khususnya melewati Kabupaten Ciamis sebelum tanggal 28 April 2022 untuk memastikan kesehatan diri dan mengecek kendaraannya.

Hal itu disampaikan lantaran pada tanggal tersebut diproyeksi menjadi puncak arus mudik Lebaran di wilayah Provinsi Jawa Barat.

“Pastikan kesehatan diri dan kendaraan yang digunakan dalam keadaan cukup baik serta ikuti tata tertib aturan lalu lintas. Jangan membawa beban atau bekal yang berlebihan supaya perjalanannya sampai tujuan aman dan nyaman,” imbaunya.

Editor: R004