21.4 C
Indonesia
Minggu, Oktober 17, 2021
BJB KPRBJB KPRBJB KPR

Anak Kecanduan Ponsel? Coba Beberapa Cara Ini untuk Mengatasinya

Ilustrasi anak kecanduan ponsel. net/ruber.id

ruber.id — Tak bisa dipungkiri, sekarang ini banyak anak yang kecanduan ponsel. Bahkan, anak yang masih di bawah usia 2 tahun pun tak ketinggalan.

Ketika anak sudah menggunakan ponsel, susah sekali untuk mengentikannya. Kalaupun dipaksa, anak pasti akan menangis dan akhirnya rewel berjam-jam.

Kondisi tersebut tentunya membuat orang tua bingung. Bagaimana tidak, jika sudah kecanduan ponsel, anak tidak akan fokus dengan apa yang terjadi di sekitarnya, bahkan saat diajak ngobrol pun tidak mendengarkan.

Meski begitu, tak jarang kecanduan ponsel juga disebabkan oleh ibu atau ayah yang memberikannya agar anak anteng. Padahal menurut panduan American Academy of Pediatrics, bayi di bawah 18 bulan sebaiknya tak diperkenalkan dengan media kecuali untuk keperluan video call.

BACA JUGA: Matikan AC Saat Turun dari Mobil Jika Tak Mau Hal Ini Terjadi

Lalu, bagaimana cara mengatasi anak agar tidak kecanduan ponsel? Berikut beberapa cara yang berhasil ruber.id rangkum.

Dengan berkembangnya teknologi, anak-anak bisa sangat mudah kecanduan ponsel dan sulit diajak bermain di luar ruangan.

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengajak anak bermain di luar ruangan.

Anda memang tak bisa langsung menyuruh anak bermain di luar ruangan. Diperlukan peran dari orang tua. Jadi, orang tua baik itu ayah atau ibu perlu ikut bermain dengannya dan mendampinginya. Terkadang anak enggan bermain di luar sebab merasa tak ada teman.

Untuk itu, cobalah Anda melibatkan anak pada aktivitas-aktivitas positif yang dapat membuat mereka sibuk sehingga bisa melupakan sejenak aktivitas dengan ponsel.

Selain itu, cara lainnya, ketika anak sedang bermain ponsel harus didampingi. Sebaiknya Anda juga jangan mengaktifkan internet pada ponsel atau menyambungkannya pada Wifi.

Alasannya, anak bisa belajar sangat cepat mengoperasikan ponsel dengan internet. Pasalnya anak-anak selalu dipenuhi rasa ingin tahu sehingga mereka bisa sangat sulit lepas dari ponsel saat tahu bahwa ada banyak hal baru yang bisa mereka akses dari ponsel tersebut.

Jika menggunakan media yang diambil dari internet, Anda bisa mengunduh lebih awal dan simpan dalam ponsel sehingga saat ponsel digunakan tak perlu lagi menggunakan internet.

Bila anak Anda sudah kecanduan, sebaiknya bicarakan soal batas waktu bermain ponsel. Anda bisa memutuskan bersama dengan anak, sehingga hasilnya menjadi kesepakatan bersama.

Contohnya, anak baru boleh bermain ponsel selama 30 menit setelah selesai makan malam. Namun tetap saja ya, ketika anak bermain atau mengoperasikan ponsel, kita perlu selalu berada di dekatnya.

Selanjutnya, Anda juga tidak boleh bosan menjelaskan mengenai dampak negatif menggunakan ponsel dalam waktu yang lama.

Untuk menunjang informasi yang akurat mengenai dampak negatif berlebihan bermain ponsel, Anda bisa membacakan artikel atau informasi dari buku.

Carilah bahasa yang mudah dimengerti oleh anak, agar anak lebih mudah mencerna situasi yang ada.

Selain itu, sebaiknya Anda juga perlu menjadi contoh atau panutan soal penggunaan ponsel yang bijak. Apabila dalam sehari-hari kita punya kebiasaan berlebihan dalam menggunakan ponsel, anak pun akan sangat mudah menirunya.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kecanduan ponsel pada anak. Memang tidak mudah melakukannya, namun jika terus dicoba dan tak bosan, cepat atau lambat Anda bisa mengubah kebiasaan jelek tersebut. Semoga tips tersebut bisa bermanfaat ya, selamat mencoba…! red

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles