PHRI Pangandaran Gelar Pelatihan SDM FO dan Pramusaji di Green Canyon

Img
RATUSAN karyawan hotel dan restoran di Kabupaten Pangandaran ikuti pelatihan bahasa Inggris. dede/ruber.id

PANGANDARAN, ruber.id — Ratusan karyawan hotel dan restoran di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat ikuti pelatihan bahasa Inggris, Selasa (18/2/2020).

Kegiatan itu digelar Dinas Pariwisata dan Kebudayaan yang bekerjasama dengan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Pangandaran.

Pelatihan bahasa Inggris tersebut bertujuan untuk penguatan sumber daya manusia (SDM) di bidang hotel dan restoran.

Selain penguatan SDM, juga untuk menyambut kabupaten pariwisata yang berkelas dunia. 

Ketua PHRI Kabupaten Pangandaran Agus Mulyana mengatakan, sebanyak 150 orang Front Office (FO) hotel dan karyawan restoran itu mendapatkan pelatihan percakapan maupun grammar.

“Pelatihnya dari Sekolah Tinggi Pariwisata, kalau dulu itu dikenalnya NHI Bandung,” katanya di Aula Rumah Makan Tirta Bahari Green Canyon.

Baca juga:  Herman Suryatman Lantik Pengurus Forum OSIS Sumedang

Dengan peningkatan SDM serta adanya penataan kawasan pantai di Pangandaran, kata Agus, diharapkan pramusaji dapat menambah kecakapan pelayanan, khususnya bagi wisatawan mancanegara.

Agus menyebutkan, tingkat kunjungan wisatawan mancanegara ke Pangandaran saat ini menurun dari tahun-tahun sebelumnya.

Kalau dulu itu, kata Agus, turis asing yang berwisata ke Pangandaran terhitung banyak. Sekarang hanya wisatawan nusantara saja.

Meski begitu, pihaknya akan terus berupaya untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara maupun nusantara. (R002/dede ihsan)