GARUT  

300.000 Kendaraan Pemudik Diprediksi Datang ke Garut

300.000 Kendaraan Pemudik Diprediksi Datang ke Garut
Bupati Garut Rudy Gunawan memimpin apel gabungan terbatas yang dilaksanakan secara virtual di Gedung Command Center, Kompleks Pendopo Garut, Senin (18/4/2022). ist/ruber.id

BERITA GARUT, ruber.id – Setidaknya, akan ada kurang lebih 300.000 kendaraan yang akan datang ke Kabupaten Garut. Pada momen persiapan mudik hingga budaya anjang sana silaturahmi pada saat hari Lebaran Idul Fitri 1443 H/2022 M, tahun ini.

Maka dari itu, Bupati Garut Rudy Gunawan meminta berbagai pihak, untuk segera melakukan kerja keras. Dalam pembangunan infrastruktur jalan di Kabupaten Garut untuk menyambut para pemudik.

“Oleh sebab itu,saya meminta Kadis PUPR, Kepala Bidang Bina Marga, dan juga PPK melakukan percepatan pelaksanaan pembangunan jalan supaya dapat dinikmati pada saat Idul Fitri nanti,” ujarnya. Saat memimpin apel gabungan terbatas yang dilaksanakan secara virtual di Gedung Command Center, Kompleks Pendopo Garut, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Senin (18/4/2022).

Turut hadir mendampingi bupati, Sekda Nurdin Yana, dan Asisten Pemkesra, Suherman.

Menjelang Hari Idul Fitri 1443 Hijriah, Bupati Garut juga meminta dinas terkait untuk memprioritaskan pembangunan jalan. Sehingga, siap dilalui pada saat arus mudik berlangsung.

Baca juga:  Bupati Garut Bagikan Bantuan Paket Makanan Bergizi untuk Anak Sekolah

“Saat ini, kita pun melaksanakan APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) 2022, saya berharap terutama yang kita prioritaskan sekarang ini. Kita sedang memperbaiki jalan-jalan dalam rangka menyambut mudik saudara-saudara kita yang akan datang ke Garut,” kata Rudy.

Selain dalam rangka mempersiapkan arus mudik, Bupati Garut menerangkan, pembangunan jalan ini juga dalam rangka mempersiapkan jalur pariwisata yang akan banyak dikunjungi pada saat momen Lebaran nanti.

“Ya saya lihat kemarin sudah ada mulai pekerjaan jalan menuju Samarang ya. Nanti terus ibu kadis ya, sampai ke Sampireun,” kata Rudy.

Rudy berharap, pembangunan jalan ini tak hanya dilakukan di wilayah perkotaan saja. Tetapi juga dilaksanakan di wilayah kecamatan, bahkan sampai ke tingkat desa.

Salah satunya, di jalan terobosan Desa Cinta, Kecamatan Karangtengah.

Baca juga:  Dishub Prediksi Puncak Arus Mudik 29-30 April, 14.9 Juta Orang Masuk ke Jabar

Rudy menjelaskan, pihaknya juga akan membangun beberapa infrastruktur melalui APBD 2022.

“Dan kita juga membangun infrastruktur lain, air dan sebagainya akan kita lakukan dengan percepatan di 2022. Kantor kecamatan saya kira sudah mulai dilelang, silakan dilaksanakan, awasi dengan baik,” katanya.

Dalam rilis sebelumnya, disebutkan, beberapa ruas jalan yang akan diperbaiki pada tahun 2022.

Mulai dari Jalan Lingkar Luar Leles, sampai ke Jalan Cipicung yang ada di Banyuresmi.

“(Target perbaikan) Yah yang lingkar luar Leles, Jalan Tarogong-Samarang sampai Panunjuk kalau tidak salah. Cikamiri-Sukapadang, dan juga yang ke arah Kamojang. Jalan itu (Cipicung) juga termasuk program 2022, itu akan kita rekonstruksi.”

“Pada umumnya, memang jalan-jalan di kita ini umurnya itu sudah habis, jadi perlu direkonstruksi lagi,” ucap Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabuoaten Garut, Luna Aviantrini, usai mengikuti rakor terbatas awal tahun ini.

Baca juga:  Larangan Mudik Mulai Berlaku, Puluhan Kendaraan Masuk Sumedang Diputar Balik di Jatinangor

Luna berharap, sebelum Hari Raya Idul Fitri, beberapa ruas jalan yang akan diperbaiki, khususnya jalan-jalan protokol sudah baik dan layak dilintasi.

“Harapanya, tentunya jalan-jalan yang ada di perkotaan, jalan-jalan yang menjadi jalan protokol untuk nanti di waktu Lebaran. Jadi sebelum Lebaran itu, semua jalan-jalan itu harus sudah baik,” katanya.

Berikut beberapa ruas jalan yang rencananya akan dilakukan rekonstruksi pada tahun 2022:

  1. Jalan RSU/Pembangunan (Tarogong Kidul)
  2. Jalan Tarogong-Samarang (Samarang)
  3. Jalan Karangpawitan – Wanaraja
  4. Jalan Pasir Muncang – Cipicung (Banyuresmi)
  5. Jalan Cibudug – Cipicung (Banyuresmi)
  6. Jalan Pasar Simpang Banjarsari (Bayongbong)
  7. Jalan A. Yani (Garut Kota)
  8. Jalan Bank
  9. Jalan Ciledug
  10. Jalan Sukapadang – Cikamiri
  11. Jalan Samarang – Kamojang
  12. Jalan Salamanjah – Kadungora (Kadungora)
  13. Jalan Lingkar Leles (Leles)
  14. Jalan Lingkar Kadungora (Kadungora)
  15. Jalan Garut Subroto (Karangpawitan).

Penulis: Fey/Editor: Bam