YouTube Short sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab untuk Pelajar Madrasah Ibtidaiyah

YouTube Short untuk Belajar Bahasa Arab
PENULIS ARTIKEL: Usup Supriadi, S. Pd.I. ist/ruber.id

CITIZEN ZOURNALISM, ruber.id – Belajar bahasa arab pada prakteknya adalah berlatih membaca bacaan yang berbahasa arab, berlatih melafalkan kata demi katanya dan menghafal artinya.

Selain itu, berlatih menulis huruf arab, menulis kata dan kalimat berbahasa arab.

Adapun, tujuan dari belajar bahasa arab tidak lain adalah agar memiliki kemampuan keterampilan dalam membaca, berbicara, dan menulis bahasa arab. Dengan baik dan benar serta mampu berkomunikasi dalam bahasa arab dengan orang-orang Arab.

Bagi umat Islam, sangat penting untuk menguasai bahasa arab.

Karena, bahasa arab adalah bahasa untuk menulis kalam Allah. Yakni Alquran, Al Karim.

Bahasa arab adalah bahasa yang Nabi Muhammad SAW gunakan dalam mendakwahkan Islam.

Kitab-kitab ajaran Islam juga tertulis dalam bahasa arab, sehingga untuk mengetahuinya lebih utama dengan membacanya secara langsung dari kitab-kitab tersebut di bawah bimbingan guru.

Segala bentuk ibadah, terutama ibadah mahdhah menggunakan bahasa arab, seperti ibadah salat, haji, doa, dan sebagainya.

Baca juga:  Penggunaan Terapi Plasma Konvalesen pada Pasien Covid-19

Pada lembaga pendidikan yang berada di bawah naungan Kementerian Agama. Bahasa arab menjadi salah satu mata pelajaran yang diajarkan pada peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA).

Para peserta didik berlatih melafalkan, membaca dan menulis materi pelajaran bahasa arab dengan baik dan benar sesuai jenjang.

Untuk peserta didik Madrasah Ibtidaiyah, mereka belajar bahasa arab dasar. Mencakup menirukan pelafalan, menghafal kosakata, berlatih menulis, membaca, dan percakapan dasar atau sederhana.

Tujuan dari proses belajar tersebut agar peserta didik Madrasah Ibtidaiyah memiliki kemampuan keterampilan dasar dalam membaca, berbicara, dan menulis Bahasa Arab.

Untuk mencapai tujuan tersebut, selain membutuhkan buku mata pelajaran bahasa arab, strategi, metode, dibutuhkan pula media pembelajaran.

Keakraban peserta didik dengan handphone Android saat ini, apalagi setelah mereka dikondisikan belajar online karena adanya pandemi Covid-19, menuntut kreativitas guru.

Baca juga:  Balada Ekspor Komoditas Pangan Buah dan Sayur

Bagaimana agar materi pelajaran pun bisa dengan mudah mereka dapatkan langsung dari Android mereka, bukan bermain game saja.

Memanfaatkan Platform Digital YouTube Short

Salah satu cara yang bisa kita tempuh adalah dengan menjadikan YouTube Short sebagai alat. Atau sarana menyampaikan materi pelajaran secara online.

YouTube Short menarik untuk dijadikan media pembelajaran bahasa arab, karena durasi videonya yang pendek. Tidak lebih dari 60 detik.

Penyampaian materi cara melafalkan kosakata, membaca kalimat, dan menghafal terjemah materi bahasa arab bagi peserta didik dalam waktu kurang dari 60 detik diharapkan tidak menjadikan mereka mudah bosan. Mereka bisa mengulang-ulang video karena durasinya yang pendek.

Tanggal 12 Desember 2021, saya mulai membuat video pembelajaran bahasa arab di YouTube Short untuk Kelas I (satu) Madrasah Ibtidaiyah (MI) semester ganjil.

Baca juga:  Pemdes Nanjungwangi Surian Sumedang, Bangun Jalan Lingkungan dengan Dana Desa

Hingga sekarang, sudah saya upload 11 video pembelajaran di akun YouTube: Pintar Bahasa Arab MI, juga saya upload di TikTok dan diposting di halaman Facebook Pintar Bahasa Arab MI.

Bagi orang tua atau wali peserta didik MI, silahkan subscribe channel youtube Pintar Bahasa Arab MI ini.

Aktifkan tanda loncengnya agar tidak ketinggalan materi selanjutnya, dan silakan bisa bantu ajarkan kepada anak-anaknya.

Like dan share juga ke melalui media sosial agar banyak peserta didik MI lainnya juga memperoleh kemudahan dalam belajar mata pelajaran bahasa arab.

Semoga upaya ini bermanfaat untuk peningkatan hasil belajar mata pelajaran bahasa arab peserta didik Madrasah Ibtidaiyah. (*)

PENULIS: Usup Supriadi, S. Pd.I
Penulis adalah guru mata pelajaran Bahasa Arab di MIS Cikoneng, Kecamatan Ganeas, Kabupaten Sumedang.