21.9 C
Indonesia
Selasa, November 30, 2021

Welcome to Indonesia, Tren Viral di Tiktok

BERITA HIBURAN, ruber.id: Tren Welcome to Indonesia yang viral di Tiktok kini mulai merambah ke berbagai sosial media dengan melahirkan banyak konten. Tren ini merupakan dampak dari kritikan BEM UI kepada Presiden RI Joko Widodo.

Konten-konten tersebut berisi ungkapan bernada sindiran dan kritikan yang ditujukan pada pemerintah, tokoh politik, selebritis, dan sesama netizen dengan berbagai budaya di Indonesia. Iringan musik dari kreator Abigail Barlow ini dapat digunakan untuk menyampaikan pesan apa pun. Pengguna dapat memberi tagar #abigailbarlow dan #welcometoindonesia.

Berawal dari Konten “Orang Dalam Nomor Satu”

Setelah ditelusuri lebih jauh, tren Welcome To Indonesia bermula dari akun Tiktok Willy Winarko. Dalam kontennya, Willy menggunakan judul “Orang Dalam Nomor Satu” dengan tagar #welcometoindonesia. Konten video tersebut menjelaskan sekaligus menyindir warga Indonesia yang mengenal orang dalam lebih mudah sukses dibanding mereka yang memiliki prestasi.

BACA JUGA:  Viral, Aksi Ibu-ibu asal Sumedang Rusak Bendera Merah Putih

“Jual nama kerabat atau orang tua, Welcome to Indonesia budaya kita salam tempel. Selipkan uang di bawah meja,” ungkapnya.

Konten Willy kemudian diikuti oleh kreator-kreator terkenal hingga menjadi viral di Tiktok dengan topik Welcome to Indonesia. Beragam topik sindiran lainnya juga digunakan oleh @avanthelove, @arafahrianti02, @melinda.chia, dan masih banyak lagi.

Terkenal atau Kaya Raya Bisa Instan

Tema sindiran dan kritikan semakin beragam di Tiktok dan dibagikan ulang ke sosial media lain yakni Facebook dan Instagram. Mulai dari menyindir pemerintah, hingga sikap masyarakat yang tidak peduli dengan Covid-19. Tagar #welcometoindonesia sudah ramai oleh pengguna dan mencapai 37,9 juta tayangan.

Seleb Tiktok Ica Maysha juga turut meramaikan tren Welcome to Indonesia. Melalui kontennya, Ica menyanyikan lirik sindiran yang berbunyi “Berenang lebih baik pakai baju pocong. Soal jadi terkenal atau kaya raya, bisa instan seperti Denise Chariesta.”

BACA JUGA:  Aplikasi Edit Video untuk TikTok, Biar Cepet Masuk FYP

Siswa SMP yang berusia 15 tahun ini mengaku tidak berniat menyinggung siapa pun, namun ia menceritakan situasi Indonesia saat ini. Menariknya, Ica ternyata bukan remaja biasa. Ia mendapat nilai 100 untuk ujian Matematika, punya medali dari olahraga basket, dan suka membuat cover musik di Tiktok.

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles