Sabtu, 15 Agu 2020

Wabup Erwan Serahkan Bantuan Sosial untuk Ratusan Fakir Miskin di Sumedang Utara

Baca Juga

Jadi Makanan Wajib Lebaran, Ini Asal Usul Ketupat

ruber -- Ketupat dalam tradisi Lebaran, menjadi makanan yang wajib ada. Disajikan dengan gule sapi atau opor ayam dan sambal ditambah kerupuk, membuat hidangan ketupat jadi...

Sungai Cipeles Masih Memprihatinkan, Ini yang Akan Dilakukan Pemkab Sumedang

SUMEDANG, ruber -- Keberadaan Sungai Cipeles, yang berada di pusat kota Kabupaten Sumedang dinilai masih memprihatinkan. Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mengakui hal ini. Menurutnya,...

Peringati Hari Buruh, BPJAMSOSTEK Sumedang Bagikan Sembako

SUMEDANG, ruber.id - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan atau BPJAMSOSTEK Kantor Cabang Sumedang menyerahkan bantuan sembako. Bantuan ini diberikan...

Silaturahmi dengan Warga Indonesia Timur, Kapolres Banjar Imbau Jangan Terpancing Hoaks

BANJAR, ruber.id -- Menyikapi isu yang terjadi belakangan ini, Kapolres Banjar melaksanakan silaturahmi dengan warga asal Indonesia Timur di Kedai Den Ato objek wisata...

Wabup Erwan Serahkan Bantuan Sosial untuk Ratusan Fakir Miskin di Sumedang Utara

SUMEDANG, ruber.id — Wakil Bupati Sumedang H Erwan Setiawan menyerahkan bantuan sosial kepada 130 penerima manfaat dari 10 desa/kelurahan di wilayah Kecamatan Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Bantuan berupa sembako dari Badan Kerjasama Antardesa dan Kelurahan  (BKADK) Kecamatan Sumedang Utara ini diserahkan di Alun-alun Sumedang Utara, Jumat (31/1/2020).

Ketua Panitia, Safari Suntana menyebutkan, Unit Pengelola Dana Bergulir (UPDB) BKADK merupakan program pemerintah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Semoga, bantuan pengembangan modal dari BKADK ini dapat meningkatkan perekonomian warga, khususnya di Sumedang Utara,” ucapnya.

Safari mengakui, penyelenggaraan kegiatan ini belum maksimal. Di mana, baru 130 orang dari 10 desa/kelurahan di Kecamatan Sumedang Utara yang mendapatkan dana tersebut.

Safari juga mengapresiasi kehadiran Wakil Bupati Sumedang H Erwan Setiawan yang secara simbolis menyerahkan dana sosial ini.

Sementara itu, Camat Sumedang Utara Dikdik Syeh Rizki mengatakan, kegiatan penyaluran dana sosial atau CSR (Coorporate Social Responsibility) BKADK ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayahnya.

Ke depan, Dikdik berharap, kepala desa dengan Dana Desanya mengeroyok program penanganan kemiskinan. Sehingga dapat mendorong realisasi program Sumedang Simpati.

“Kegiatan Rutilahu dan pemberian makanan tambahan ini sudah masuk ke dalam APBDes. Insya Allah, tahun 2020, angka kemiskinan di Sumedang Utara dapat berkurang,” sebutnya.

Sementara itu, Wabup Erwan mengapresiasi penyelenggara yang memprakrasai penyaluran dana sosial kelembagaan ini.

“BKADK merupakan pemegang mandat Perbup Nomor 37/2019 tentang Pelestarian Aset Bergulir Paskaprogram PNPM Mandiri perdesaan.”

“Sedangkan UPDB merupakan pelaksana oprasional perguliran dana, di mana sasarannya adalah kelompok perempuan dan kelompok usaha ekonomi produktif,” ucapnya.

Dari hasil perguliran ini terdapat surplus dengan rincian 50% untuk penambahan modal, 35% untuk kelembagaan BKADK, dan 15% untuk dana sosial yang diberikan kepada warga.

“Penyerahan dana sosial ini, merupakan bentuk dukungan terhadap program pengentasan kemiskinan di Sumedang,” ujarnya.

Pemkab Sumedang, kata Erwan, akan terus melakukan berbagai upaya untuk menurunkan angka kemiskinan dan mewujudkan kesejahteraan warga sebagaimana visi pertama Sumedang Simpati, yakni Sumedang Sejahtera.

Erwan berharap, ke depan, bantuan sosial dari surplus UPDB ini dapat lebih meningkat. Sehingga, lebih banyak lagi warga yang akan terbantu.

“Penyaluran bantuan sosial ini diharapkan tepat sasaran dan bermanfaat bagi warga yang membutuhkan.”

“Semoga bantuan yang diterima ini dapat membantu meringankan beban dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari,” ujarnya. (R003)

Baca berita lainnya: Sudah 4 Kali Rancamulya Regency Jadi Biang Longsor dan Banjir, Wabup Sumedang Berang

Komentar

loading...

Artikel Terbaru

Hari Ini Ada 12 Warga Sumedang Positif Corona: 7 Tenaga Medis, 2 Situraja, Tomo, Ujungjaya, Rancakalong

SUMEDANG, ruber.id - Hari ini, Sabtu (15/8/2020), Kabupaten Sumedang, Jawa Barat kembali mencatatkan kasus baru pasien positif virus corona.

BPPSDMP Sebut Hasil Bumi di Pangandaran Tak Kalah Dengan Daerah Lain

PANGANDARAN, ruber.id - Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian (Kementan) RI Dedi Nursyamsi menyebut hasil bumi...

Sekolah Tatap Muka di Pangandaran Dimulai Awal September

PANGANDARAN, ruber.id - Pemkab Pangandaran, Jawa Barat berencana memulai kembali pembelajaran tatap muka di sekolah pada awal September 2020.

Dukung Program Bantuan Subsidi Upah Pemerintah, BPJAMSOSTEK Kumpulkan Rekening Peserta

JAKARTA, ruber.id - Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan akan memberikan subsidi kepada pekerja swasta yang telah terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan atau BPJAMSOSTEK.

Ujang Endin Indrawan Sebut Pelaku UMKM dan IKM di Pangandaran Pejuang Perekonomian

PANGANDARAN, ruber.id - Bakal calon wakil bupati Pangandaran Ujang Endin Indrawan sebut pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) dan IKM (Industri...