Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Jelang Lebaran

Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Jelang Lebaran
Foto ilustrasi from Pixabay Istockphoto

BERITA TIPS, ruber.id Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah atau Lebaran tinggal sebentar lagi. Hanya hitungan hari.

Banyak persiapan yang dilakukan, apalagi untuk perantau. Tentunya saat ini menjadi momen untuk mudik ke kampung halaman.

Namun tak sedikit yang lupa menjaga kesehatan, sehingga ketika Lebaran tiba justru terserang sakit atau badan tidak fit.

Kondisi tersebut tentunya membuat momen Lebaran menjadi kurang maksimal. Untuk itu, Anda harus benar-benar menjaga kesehatan tubuh agar ketika Lebaran nanti badan terasa sehat dan bugar.

Berikut cara menjaga kesehatan menjelang Lebaran dilansir dari berbagai sumber.

Tidak Tidur saat Pagi Hari

Di bulan Ramadan terutama setelah melaksanakan sahur, tak sedikit yang memilih untuk kembali tidur walaupun hanya 1-2 jam.

Baca juga:  Pilihan Warna Busana untuk Kulit Gelap

Ternyata, kebiasaan ini tidak sehat loh untuk kesehatan tubuh. Kebiasaan itu selain bisa membuat kepala pusing, akan membuat kalian lemah dan tidak bersemangat dalam aktivitas puasa.

Disamping itu, tidur saat pagi hari dapat membuat gula darah meningkat karena makanan yang dikonsumsi saat sahur.

Alangkah baiknya jika Anda melaksanakan salat subuh dan melakukan aktivitas lain setelah sahur, seperti olahraga ringan agar badan sehat.

Perbanyak Makan Sayur dan Buah

Sebaiknya Anda memperbanyak makan sayur dan buah untuk menjaga kesehatan tubuh. Terlebih, saat ini cuaca tidak baik, ditambah lagi Indonesia masih pandemi Covid-19.

Konsumsi sayur dan buah yang memiliki banyak kandungan vitamin tinggi agar saluran pencernaan lancar saat puasa.

Baca juga:  Pengumuman! Pemudik Angkutan Umum Wajib Pakai Masker Tiga Lapis dan Dilarang Mengobrol

Kontrol Porsi Makan

Ketika mengadakan halal bihalal di hari Lebaran, Anda harus mengontrol porsi makan. Makanlah dengan porsi makan lebih sedikit.

Selain itu, pastikan gizi terpenuhi saat sahur dan berbuka agar tetap fit menjalani aktivitas sehari penuh.

Istirahat yang Cukup

Tubuh yang lelah karena aktivitas jadwal yang padat ditambah kurangnya asupan makanan saat Ramadan dapat membuat seseorang mudah sakit.

Oleh karena itu, diperlukan istirahat yang cukup dan teratur selama puasa. Tidurlah selama tujuh hingga delapan jam agar tubuh tetap fit hingga Lebaran tiba.

Olahraga

Selain mengonsumsi makanan bergizi dan beristirahat yang cukup, Anda juga disarankan berolahraga untuk menjaga tubuh tetap sehat.

Biasanya, saat puasa, seseorang akan malas untuk beraktivitas apalagi berolahraga. Padahal, dengan berolahraga tubuh akan tetap fit dan terjauh dari penyakit.

Baca juga:  Rasakan Tubuh Sehat dan Kuat dengan Konsumsi Bawang Hitam

Anda bisa berolahraga yang ringan dan tidak sulit, seperti berjalan kaki. Aktivitas tersebut berpengaruh terhadap suasana hati dan membantu mengontrol nafsu makan. Bonusnya, Anda akan terjaga dari serangan penyakit sehingga tubuh lebih energik.

Minum Vitamin

Anda juga bisa mengonsumsi vitamin C ataupun suplement dari sayuran atau minyak ikan agar tubuh tetap sehat sebelum Lebaran.

Minum secara rutin, atau dengan konsultasi dokter terlebih dahulu. Anda bisa meminumnya di malam hari atau saat sahur, hal ini untuk menunjang tubuh agar tetap sehat dan terjauh dari berbagai penyakit, terutama Covid-19.