Tingkatkan Layanan Kesehatan di Dua Kecamatan Ini, Pemkab Pangandaran Bangun Puskesmas Representatif

Puskesmas pangandaran
Puskesmas pangandaran

PANGANDARAN, ruber – Pemkab Pangandaran komitmen meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dengan membangun puskesmas representatif di Kecamatan Cijulang.

Sebelumnya, pada 2017 dan 2018, Pemkab Pangandaran telah membangun sembilan puskesmas dengan kualitas bangunan yang digadang-gadang setarap hotel bintang tiga.

Wakil Bupati Pangandaran, Adang Hadari mengatakan, keberadaan puskesmas di Kecamatan Cijulang sangat penting, selain penduduknya banyak, warga di perbatasan Kecamatan Cimerak-Cijulang juga diharapakan bisa lebih mudah dan cepat mendapatkan penanganan medis.

“Nanti dengan adanya puskesmas di Kecamatan Cijulang dapat menjadi sarana penunjang bagi aktivitas Bandara Nusawiru, maka fasilitas di puskesmas tersebut harus lengkap,” kata Adang dalam acara ekspose Pembangunan Puskesmas di ruang kerjanya, Jumat (1/2/2019).

Baca juga:  Tahun 2019, di Pangandaran Tercatat 44 Kejadian Kebakaran dengan Kerugian Mencapai 1 M

Adang menuturkan, pihaknya juga menekankan penerapan standar operasional prosedur (SOP) dalam melayani masyarakat.

“Nah, sistem pelayanan di Puskesmas Pangandaran yang sudah berjalan hingga saat ini dapat diterapkan di Puskesmas Cijulang,” tuturnya.

Adang menyebutkan, pemerintah daerah dalam membangun puskesmas merujuk pada Peraturan Menteri Kesehatan No 75/2014 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat.

“Biaya pembangunan Puskesmas Cijulang rencananya melalui bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat,” sebutnya. (dede ihsan)

loading…