oleh

Calon Hak Pilih di Pangandaran Diajari Cara Mencoblos

Ayo gunakan hak pilihmu!
RELASI Kecamatan Pangandaran bersama KPU Pangandaran sosialisasi dan berikan pendidikan kepada calon hak pilih, Sabtu (23/2/2019). dede ihsan/ruang berita

PANGANDARAN, ruber — Ratusan calon hak pilih Pemilu 2019 dari tiga basis pemilih strategis ikuti sosialisasi dan pendidikan pemilih di Aula Kantor Desa Purbahayu, Kecamatan/Kabupaten Pangandaran, Sabtu (23/2/2019).

BACA JUGA: KPU Tidak Ingin Berpolemik Terkait Tudingan Bawaslu Pangandaran

Sosialisasi tersebut merupakan kegiatan Relawan Demokrasi (Relasi) Kecamatan Pangandaran bersama KPU Pangandaran.

Ketua KPU Pangandaran Muhtadin mengatakan, kegiatan ini untuk menyampaikan informasi terkait tahapan Pemilu 2019 kepada tiga basis pemilih strategis.

Yakni kelompok marjinal, kaum perempuan dan pemilih pemula.

“Selama kegiatan berlangsung, respons hak pilih dari tiga basis itu luar biasa. Mereka sangat proaktif dalam informasi yang kami berikan.”

“Kami berikan pemahaman mekanisme dalam menyalurkan hak pilihnya. Sebab, pemilu mendatang ada lima surat suara yang harus dicoblos,” ujarnya.

Muhtadin menuturkan, Relasi berperan sebagai mitra KPU dalam rangka menyosialisasikan dan melakukan pendidikan terhadap calon hak pilih.

“Relasi dibentuk dengan beberapa basis strategis guna menyampaikan informasi terkait kepemiluan,” tuturnya.

Di tempat yang sama, peserta kelompok marjinal Aria Ozawa mengaku, setelah mengikuti sosialisasi pendidikan pemilih, dirinya mendapatkan pencerahan terkait tahapan pemilu hingga teknis dalam melakukan hak pilihnya di TPS.

“Kegiatan ini sangat membantu sekali. Karena, dalam pemilu nanti ada lima jenis surat suara yang harus dicoblos.”

“Hal itu menjadi salah satu masalah utama yang membingungkan calon hak pilih di masyarakat. Alhamdulillah semuanya jadi paham, mulai dari cara pencoblosan yang sah dan tidak sah,” ungkapnya. dede ihsan

loading…


loading...

Komentar