24.4 C
Indonesia
Minggu, September 19, 2021
spot_img

Tembok Penahan Tebing Sungai di Padaherang Pangandaran Ambrol

BERITA PANGANDARAN, ruber.id – Tembok Penahan Tebing atau TPT sungai di Desa Ciganjeng, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat ambrol. Tembok ambruk pasca diguyur hujan deras yang terjadi pada Rabu (4/8/2021) malam.

TPT yang ambrol sepanjang 17 meter dengan ketinggian 6 meter itu sangat mengancam keselamatan warga sekitar. Karena lokasinya berdekatan dengan permukiman.

Sekretaris Desa Ciganjeng Yuyuk Yunijhar mengatakan, sungai tersebut merupakan anak Sungai Citanduy. Tembok itu ambruk akibat kondisinya yang sudah tua, sehingga tidak kuat menahan derasnya air sungai.

BACA JUGA:  Hindari Perilaku Menyimpang Terhadap Anak, Ini Usul Kemenag Pangandaran

“Kami dari pemerintah desa sudah melayangkan surat pemberitahuan ke Dinas PU Pangandaran. Kami harap instansi terkait terutama Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citanduy untuk segera mengambil tindakan,” kata Yuyuk, Kamis (5/8/2021).

BACA JUGA:  Begini Penerapan Prokes di Objek Wisata Pangandaran

Jika tidak segera ditangani, pihaknya khawatir dengan keselamatan warga di sekitar bantaran sungai. Sebab, tanah di lokasi sungai tersebut berpotensi terkikis bila terjadi hujan deras.

“Bahaya kalau tidak segera dibangun tembok penahan lagi. Sangat membahayakan keselamatan warga di sekitar sungai. Tembok itu memang sudah lama, dibangun sekitar 40 tahun lalu,” tuturnya.

Yuyuk mengimbau, kepada warga di sekitar bantaran sungai untuk waspada dan berhati-hati jika terjadi hujan deras. Dikhawatirkan tanah sungai itu tidak kuat menahan volume air.

BACA JUGA:  Begini Penerapan Prokes di Objek Wisata Pangandaran

“Sebelum TPT diperbaiki, warga kami diimbau untuk selalu waspada dan jangan mendekat ke lokasi. Apalagi saat air sungai sedang besar,” sebutnya. (R001/SMF)

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles