oleh

Tanggul Jebol, BPBD Ciamis Salurkan Air Bersih untuk Korban Banjir

PANUMBANGAN, ruber.id – BPBD Ciamis, Jawa Barat bantu pengadaan air bersih untuk korban bencana banjir di Dusun Cikopeng, Desa Kertaraharja, Kecamatan Panumbangan, Senin (24/2/2020).

Sejak tanggil Sungai Citanduy jebol dan air meluap ke pemukiman warga, sebanyak 120 KK di wilayah tersebut sulit air bersih.

Kepala BPBD Ciamis H Mochamad Soekiman menyebutkan, saat ini warga terdampak banjir kesulitan air bersih.

Penyababnya, kata Soekiman, sumber air milik warga seperti sumur kotor terkena lumpur.

“Hari ini kami berikan sarana air bersih sebanyak dua tangki. Ini sebagai upaya respons cepat dari kami, dan warga menyambutnya dengan antusias,” katanya kepada ruber.id, Senin siang.

Sementara itu, Kepala Dusun Kopeng Desa Kertaraharja, Enceng menyampaikan terimakasihnya atas bantuan air bersih dari BPBD Ciamis.

Selain itu, dalam kesempatan ini, Enceng berharap agar tanggul yang jebol dapat segera diperbaiki.

“Kalau tidak ada tanggul, air sungai pasti akan menggenangi pemukiman kami.”

“Ketika sudah banjir kami sangat repot, karena barang-barang juga rusak terendam. Untuk itu, kami berharap pemerintah segera memperbaikinya,” harapnya.

Enceng menyebutkan, wilayahnya ini memang kerap jadi langganan banjir tiap hujan.

Namun, tahun ini banjir yang terjadi terbilang yang paling parah. Mengingat tanggul sungai juga jebol akibat derasnya arus sungai.

“Saya berharap, pemerintah dapat segera memperbaiki tanggul yang jebol dan lebih memerhatikan kondisi wilayah kami ini,” ujarnya (R012/Akrim)

Baca berita sebelumnya: Tanggul Sungai Citanduy Jebol, Ratusan Rumah di Ciamis Teredam

loading...