Sering Diabaikan, Begini Cara Merawat Suspensi Sepeda Motor Supaya Awet

Sering Diabaikan, Begini Cara Merawat Suspensi Sepeda Motor Supaya Awet
Foto ilustrasi from Pixabay Istockphoto

BERITA OTO, ruber.id Suspensi atau shockbreaker pada kendaraan terutama sepeda motor sangat penting agar pengendara dan penumpang demi kenyamanan di perjalanan.

Tentunya Anda sudah merasakan bagaimana rasanya mengendarai sepeda motor dengan kondisi suspensi yang kurang baik. Tidak enak kan?

Komponen ini memang seringkali diabaikan oleh pengendara, padahal memiliki peran yang sangat penting. Shockbreaker berguna untuk meredam getaran atau kejutan selama berkendara di jalan.

Saat melewati jalan berlubang, suspensi akan bekerja dengan penuh agar pengendara merasa nyaman dan tidak merasakan kejutan akibat lubang tersebut.

Jika suspensi rusak, kita akan merasakan kejutan ketika melewati jalan jelek atau berlubang. Akibatnya, badan akan terasa sakit terutama punggung.

Baca juga:  Musim Hujan, Ini Manfaat Berteduh saat Naik Motor

Oleh karena itu, komponen ini harus dirawat sebaik mungkin agar kondisinya tidak cepat rusak. Bagaimana caranya? Berikut tipsnga.

Jaga Kebersihan Suspensi

Komponen ini rawan kotor karena berada di area terbuka. Apalagi di musim penghujan, suspensi akan lebih sering kotor.

Agar fungsinya tetap optimal, segera bersihkan suspensi ketika sudah digunakan setelah hujan, atau rutin membersihkannya.

Ini untuk menghindari terjadinya penumpukan kotoran pada komponen tersebut yang nantinya akan membuat suspensi terasa keras dan tidak nyaman saat digunakan.

Perhatikan Oli pada Suspensi

Agar bisa bekerja meredam kejutan, suspensi dibantu dari pelicin maupun oli. Jika tanpa oli yang melapisi bagian suspensi,  bantingan terasa keras dan tidak nyaman. Alhasil, Anda bisa mengalami nyeri punggung.

Baca juga:  Kenali Teknik Mendongkrak Mobil dengan Benar

Tak hanya itu, tanpa oli, suspensi juga lebih mudah patah jika digunakan berkendara. Apalagi jika Anda sering melewati jalanan yang rusak, berbatu atau jalanan berlubang sekali pun.

Hindari Berlebihan Membawa Barang

Selanjutnya, agar suspensi lebih awet, jangan membawa barang bawaan yang berlebihan. Ini biasa terjadi ketika Anda akan melakukan perjalanan jauh atau pulang kampung. Nah, mulai sekarang hindari kebiasaan tersebut.

Karena jika Anda memberinya beban yang di luar kapasitas dari kemampuan komponen tersebut, suspensi berisiko lebih cepat rusak dan patah.

Hindari Jalan Rusak dan Berlubang

Jalanan yang rusak dan berlubang menjadi salah satu faktor penyebab suspensi cepat rusak. Kalau ada jalan yang lebih mulus, Anda sebaiknya memilih jalan tersebut.

Baca juga:  Makin Canggih, Samsung Benamkan Perangkat Lunak Baru pada Galaxy Watch4 Series

Akan tetapi jika tidak ada jalan lain lagi, Anda harus lebih berhati-hati melewati jalanan rusak atau berlubang. Jangan menggunakan kecepatan tinggi. Paling tidak jika kecepatannya rendah, suspensi atau shockbreaker motor Anda bekerja tidak terlalu keras sehingga tidak cepat rusak.

Itulah beberapa tips agar suspensi motor Anda awet dan tidak cepat rusak. Semoga bermanfaat!

Editor: R004