Wednesday, 8 Jul 2020

September 2020, Jabar Siap Gelar Kejurnas Pacuan Kuda Piala Presiden di Pangandaran

Baca Juga

Perahu Terbalik di Waduk Jatiluhur, Warga Purwakarta Tewas

PURWAKARTA, ruber.id - Korban tenggelam di Waduk Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat ditemukan tewas, Jumat (6/3/2020) pagi. Korban tewas yakni...

Marhaban Ya Ramadan, Warga Kota Banjar Sambut Puasa dengan Pawai Tarhib

KOTA BANJAR, ruber -- Marhaban Ya Ramadan. Ratusan warga Kota Banjar menyambut datangnya bulan suci Ramadan dengan pawai tarhib, Selasa (30/4/2019) pagi. Kegiatan dalam menyambut...

Asah Kreativitas Mahasiswa saat Pandemi Corona, STKIP Sumedang Gelar Lomba Video dan Poster

SUMEDANG, ruber.id - STKIP Sebelas April Sumedang mengadakan lomba video dan poster bagi mahasiswanya mulai 16 April hingga 15 Juni 2020.

Serikat Petani Pasundan Ciamis Siapkan Tempat Karantina Korban Corona

CIAMIS, ruber.id - Serikat Petani Pasundan (SPP) Ciamis, Jawa Barat menyiapkan tempat karantina bagi korban virus corona. Dewan Pelaksana...

Kejuaraan Pacuan Kuda A.E. Kawilarang Memorial CUP 2020 di Gelanggang Pacuan Kuda Legok Jawa, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat

September 2020, Jabar Siap Gelar Kejurnas Pacuan Kuda Piala Presiden di Pangandaran

PANGANDARAN, ruber.id — Sebanyak 130 ekor kuda dari berbagai provinsi berlaga pada Kejuaraan Pacuan Kuda A.E. Kawilarang Memorial CUP 2020 di Gelanggang Pacuan Kuda Legok Jawa, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Ahad (12/1/2020).

Kejuaraan tingkat nasional ini memperebutkan berbagai piala. Di antaranya Piala Ketua DPRD Pangandaran; Bupati/Wakil Bupati Pangandaran; Kadisdikpora Pangandaran; Koni Pangandaran.

Kemudian, Piala Kepala Desa Legok Jawa, PT Cikubang Asri; Pengcab Pordasi Pangandaran; Ketua Umum Pordasi Jabar; Ketua Umum PP Pordasi; A.E. Kawilarang; dan piala dari berbagai stable.

Berdasarkan data yang diterima, di kelas 3 tahun calon derby, pemenang Piala A.E. Kawilarang Memorial CUP 2020 diraih kuda bernama Armagedon dari King Halim Stable.

Kuda jantan merah itu menjadi yang tercepat dalam jarak tempuh 1.600 meter dengan joki bernama J. Runtu.

Juara kedua, kuda betina hitam bernama Anasheeva Kartika dari Belantara Stable, Sumedang, dengan joki Stevi T.

Sementara, juara ketiga diraih kuda betina jragem bernama Queen Rosela G4 dari Layung Sari Stable, Pangandaran, dengan joki N. Saprudin.

Kejuaraan pacuan kuda ini menyedot animo masyarakat. Saat itu, sejak pagi hingga sore hari, ribuan masyarakat memadati tribun penonton menyaksikan pacuan.

Mereka antusias mengikuti jalannya pacuan di semua nomor.

Komisi Pacu Pusat Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) Provinsi Jawa Barat Dani Saddak mengatakan, sebanyak 130 ekor kuda dari berbagai provinsi di Indonesia yang bertanding itu dibagi ke dalam 21 kelas.

Pacuan Kuda Legok Jawa ini, kata Dani, mendapat respon positif dari para pemilik kuda.

Bahkan, para joki menyebutnya ibarat spring bad, empuk dan aman. Begitu juga dengan treknya yang sangat bagus.

Dani menyampaikan, pada bulan Januari ini pihaknya akan melakukan musyawarah nasional (Munas). Salah satu yang akan diusulkan yakni Pacuan Kuda di Legok Jawa agar dijadikan tempat event bertarap nasional.

Kemudian, Pordasi Jabar juga akan mengusulkan ke Pordasi Pusat agar kejuaraan nasional (Kejurnas) pacuan kuda Piala Presiden RI tahun 2020 digelar di Gelanggang Pacuan Kuda Legok Jawa.

Event berskala nasional dengan memperebutkan Piala Presiden RI ini akan berlangsung pada bulan September 2020 mendatang.

Maka dari itu, kata Dani, untuk menghadapi pelaksanaan Kejurnas Piala Presiden RI, sarana dan prasarana lapangan pacuan kuda bertarap nasional ini akan diperbaiki. (R002/dede ihsan)

Komentar

loading...

Artikel Terbaru

Vivo Rilis Flagship Teranyar, Peminat X50 dan X50 Pro Cukup Bayar DP Rp500.000

GADGET & TEKNO, ruber.id - Vivo segera meluncurkan ponsel flagship perdananya di Indonesia, yaitu Vivo X50 series. Smartphone flagship seri X dari Vivo...

Ribuan Warga Sumedang Sudah Dites Swab dan Rapid, 2 Pasien Positif Corona Masih Dirawat Intensif

SUMEDANG, ruber.id - Hingga Selasa (7/7/2020), pasien positif corona asal Kecamatan Darmaraja dan Tomo masih dirawat intensif di RSUD Sumedang, Jawa Barat.

Polres Tasikmalaya Ringkus Tiga Pelaku Curanmor, Dua di Antaranya Kakak Beradik

TASIKMALAYA, ruber.id - Satuan Reserse dan Kriminal (Sat Reskrim) Polres Tasikmalaya berhasil menggagalkan dan menangkap kawanan pelaku curanmor.

Selasa Siang, Pangandaran Juga Diguncang Gempa

PANGANDARAN, ruber.id - Setelah gempa bumi 6.1 Magnitudo menerjang wilayah Jepara, Jawa Tengah, gempa juga terjadi di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Selasa...

Gempa 6.1 Magnitudo Guncang Jepara, Netizen: Kebumen Kerasa Banget

KEBUMEN, ruber.id - Gempa berkekuatan 6.1 Magnitudo mengguncang wilayah Jepara, Jawa Tengah, Selasa (7/7/2020) pagi. Gempa terjadi jam 05:54:44...