29.4 C
Indonesia
Sabtu, September 18, 2021
spot_img

Akhir Pekan Ini, Pangandaran Jadi Daerah Tujuan Wisata di Jabar

BERITA PANGANDARAN, ruber.id – Objek wisata yang ada di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat menjadi salah satu tujuan wisata untuk berlibur di akhir pekan.

Berdasarkan data dari situs resmi Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Barat, wisatawan yang memilih tujuan ke Kabupaten Pangandaran tercatat sebanyak 3.939.992 orang.

Sementara, wisatawan yang melakukan aktivitas berwisata ke beberapa objek wisata di Jawa Barat tercatat sebanyak 35.609.459 orang.

Sebagian besar, wisatawan yang berwisata di Jawa Barat itu hanya menuju ke 4 kabupaten/kota. Antara lain Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Bandung Barat, Kota Bandung dan Kabupaten Garut.

Kemudian, pengunjung yang datang ke Pangandaran bisa melakukan perjalanan wisata ke beberapa lokasi. Dari mulai sentra kuliner, objek wisata pantai dan wisata alam air atau pegunungan.

Salah seorang pelaku usaha wisata Sunendar mengatakan, setelah kondisi pandemi Covid-19 kini aktivitas pariwisata mulai menggeliat.

“Harapan kami dengan adanya pengunjung datang ke Pangandaran menjadi salah satu pemulihan ekonomi masyarakat,” kata Sunendar, Minggu (4/4/2021).

Sunendar berharap, pengunjung yang berwisata ke Pangandaran di masa pandemi Covid-19 untuk selalu mematuhi aturan protokol kesehatan.

Beberapa rekomendasi tempat wisata di Pangandaran yang bisa jadi pilihan liburan:

Pantai Batukaras
Objek wisata yang satu ini merupakan perpaduan nuansa alam antara objek wisata Pangandaran dan Batu Hiu dengan suasana alam yang indah, berada di Kecamatan Cijulang.

BACA JUGA:  Kecewa Larangan Mudik 2021, Begini Kata PHRI Pangandaran

Green Canyon
Destinasi wisata Green Canyon, objek wisata dengan nama Green Canyon ini berada di Kecamatan Cijulang, sebelum Pantai Batukaras.

BACA JUGA:  Kewaspadaan Pedagang Terhadap COVID-19 di Pangandaran Dinilai Melemah

Pantai Batu Hiu
Sebuah pantai dengan tebing cukup terjal yang memiliki pemandangan lepas kearah samudra hindia. Batu hiu berjarak sekitar 14 kilometer dari Pantai Pangandaran, pantai ini berada di Kecamatan Parigi.

Pantai Karapyak
Pantai Karapyak ini wisatawan bisa melakukan aktivitas pantai melihat biota laut, memancing, dan berkemah atau hanya menikmati pemandangan di sekitarnya. Pantai Karapyak berada di Kecamatan Kalipucang sebelum Pantai Karangnini.

Pantai Karangnini
Terletak pada areal hutan produksi Perum Perhutani, di jalur wisata menuju pantai Pangandaran, menjorok ke dalam area sekitar 2,5 kilometer. Pantai Karangnini berada di Kecamatan Kalipucang sebelum Pantai Pangandaran.

Pantai Barat Pangandaran
Objek wisata yang merupakan primadona pantai di Jawa Barat ini terletak di Desa Pananjung, Kecamatan Pangandaran. Pantai Pangandaran memang sudah sejak lama menjadi kunjungan paling favorit.

Pantai Timur Pangandaran
Objek wisata yang merupakan primadona pantai di Jawa Barat ini terletak di Desa Pananjung, Kecamatan Pangandaran, banyak wisata menyaksikan matahari terbit atau sun rise disini.

Pasir Putih Pangandaran
Pantai Pasir Putih Pangandaran merupakan pantai yang berada di pantai selatan diwilayah Pangandaran, dimana obyek wisata Pangandaran menjadi salah satu primadona.

BACA JUGA:  Wisatawan Keracunan Massal saat Liburan di Pangandaran, Ini Penyebabnya

Pantai Madasari
Pantai ini menyajikan panorama alam yang spesifik dengan pulau-pulau kecilnya berpadu dengan hijaunya daratan masawah, dan berada pula oleh batu-batu karang. Pantai Madasari berada di Kecamatan Cimerak lokasinya setelah Pantai Batukaras.

Objek Wisata Alam dan Lainnya

Santirah River Tubing
Tubing Sungai Santirah terletak di Desa Selasari, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Dari Pangandaran sendiri berjarak sekitar 15 Kilometer. Disini wisatawan dapat mencoba nyali menikmati keindahan sungai berdinding karang.

BACA JUGA:  Peneliti ITB: 12 Jalur di Pangandaran Masuk Indeks Kerentanan Pesisir

Pepedan Hill
Terletak di Desa Selasari, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran dan menempuh jarak kurang lebih 1 jam dari Pangandaran.

Citumang (Lembah Hijau)
Obyek wisata alam Citumang merupakan obyek wisata yang memiliki daya tarik khusus, yaitu sungai Citumang yang mengalir membelah hutan jati. Wisatawan disini dapat menyaksikan spot indah dan menguji mental dan dibutuhkan keberanian. Destinasi wisata Citumang berada di Kecamatan Parigi.

Wisata Goa Sutra Reregan
Wisata Goa Reregan Berlokasi di Dusun Salakambang, Desa Selasari, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran. Goa Sutra Reregan banyak menyimpan peninggalan alam yang benar alami.

Ciwayang Rafting
Wisata yang mengedepankan tagline Objek wisata air penguji andrenalin di Cikoranji-Cigugur ini lokaisnya berada di Kecamatan Cigugur. Destinasi ini sangat indah terutama dinding-dindingnya berukir alami.

BACA JUGA:  Sayembara Cari Warga yang Buang Sampah ke Sungai Ciputrapinggan Pangandaran

TWA Cagar Alam
Merupakan kawasan konservasi wana wisata alam yang dikelola oleh Perum Perhutani, terdapat goa-goa dan kawasan karst yang masih alami. Lokasinya berada di Obyek Wista Pantai Pangandaran.

Museum Nyamuk
Museum Nyamuk merupakan salah satu program wisata ilmiah yang ditawarkan oleh Loka Litbang Pengendalian Penyakit Bersumber Binatang (P2B2) Balitbangkes Kemenkes. Lokasi museum ini berada di Desa Babakan, Kecamatan Pangandaran.

Curug Taringgul (Green Jorge)
Curug Taringgul merupakan sebuah sungai yang lembah dan relief bebatuan yang menawan yang menawarkan wisata Body Rafting.

BACA JUGA:  Santirah River Tubing, Surga Wisata yang Tersembunyi di Pangandaran

Konservasi Penyu
Obyek wisata Pangandaran merupakan obyek wisata yang tekenal dengan keindahan pantai, wisata sungai dan juga wisata pegunungan, selain itu bila wisatawan ingin berkunjung melihat langsung hewan yang dilindungi, lokasinya berada di Pantai Batu Hiu Kecamatan Parigi.

Goa Lanang Selasari
Goa Lanang berada di sekitar Kabupaten Pangandaran dan disebut goa lanang karena didalamnya terdapat bantuan endapan yang berbentuk keindahan alami.

Sinjang Lawang
Goa Sinjang Lawang berdiri kokoh dan masif di perbukitan karst yang terletak di Dusun Parinenggang, Desa Jadimulya, Kecamatan Langkaplancar.

Wonderhill Jojogan
Wisatawan bisa melakukan aktivitas air seperti berenang, body rafting, camping, caving atau hanya menikmati pemandangan Pangandaran dari ketinggian. Lokasinya berada di Kecamatan Parigi. (R001/smf)

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles