Relasi Terbentuk, KPU Kota Tasik Targetkan 83 Persen Pemilih

Relasi KPU Kota Tasik
Relasi terbentuk, KPU Kota Tasik targetkan 83% pemilih. ist/ruber.id

BERITA TASIKMALAYA, ruber.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tasik, Jawa Barat resmi melantik 55 Relawan Demokrasi (Relasi). Pelantikan dilaksanakan di Hotel City Tasikmalaya, Senin (21/1/2019).

Ketua KPU Kota Tasikmalaya Ade Zaenul Mutaqin mengatakan pembentukan, Relasi ini atas dasar instruksi KPU RI yang dibentuk pada setiap tingkatan kabupaten/kota.

Mereka, kata Ade, akan bekerja selama tiga bulan. Terhitung sejak pelantikan sampai pencoblosan Pemilu pada April 2019, mendatang.

“Nantinya, sebanyak 55 relawan demokrasi ini bertugas menyosialisasikan Pemilu 2019, sebagai upaya peningkatan partisipsi pemilih. Dan akan dibagi dalam 11 segmen. Yakni pemilih pemula, pemilih muda, basis keluarga, disabilitas, berkebutuhan, khusus.”

“Kemudian komunitas perempuan, kelompok keagamaan, komunitas demokrasi, kaum marjinal, dan netizen atau pengguna internet,” ungkap Ade.

Baca juga:  Nonton Formula E di Sirkuit Ancol, AHY Disambut Akrab Anies Baswedan

Ade berharap Relasi ini bisa terjun ke masyarakat untuk menyosialisasikan Pemilu ke berbagai elemen masyarakat di Kota Tasikmalaya.

Sebelumnya, kata Ade, pihaknya telah membuka pendaftaran Relasi pada 11 Januari lalu. Semua pendaftar harus melewati tahapan seleksi sampai dinyatakan lulus untuk dilantik pada hari ini.

Ada 81 orang yang telah mendaftar sebagai relawan demokrasi. Setelah diseleksi, KPU Kota Tasikmalaya memilih 55 orang yang akan ditempatkan pada 11 basis pemilih. KPU Kota Tasik menargetkan sebanyak 83 persen tingkat partisipasi pemilih.

“Dan diharapkan setelah terbentuknya Relasi ini bisa lebih target pemilih lebih dari 83%,” harap Ade. (Arsip ruber.id)