22.4 C
Indonesia
Selasa, Oktober 26, 2021
BJB KPRBJB KPRBJB KPR

Puntung Rokok Penyebab Kebakaran Karhutla di Pangandaran

KEBAKARAN lahan kerap terjadi di Kabupaten Pangandaran, dok/ruber.id
Puntung Rokok Diduga Penyebab Karhutla di Pangandaran

PANGANDARAN, ruber.id — Beberapa bulan terakhir kebakaran kerap terjadi lantaran musim kemarau yang melanda Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Kepala Bidang Kedaruratan Logistik, Rehabilitasi dan Rekontruksi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pangandaran Herliana Lilihar mengatakan, terbakarnya lahan sering terjadi di Kecamatan Padaherang.

“Kebanyakan lokasinya di daerah atas kalau di Kecamatan Padaherang. Sering terjadinya baru-baru ini, dipicu oleh puntung rokok yang dibuang sembarangan para perokok,” katanya kepada ruber, Sabtu (28/9/2019).

Meskipun kebakaran tersebut berhasil ditangani, kata Herli, namun kebakaran lahan kali ini lebih parah dibanding tahun sebelumnya karena luas lahan terbakar mencapai hektaran.

BACA JUGA:  Wisatawan asal Bandung Reaktif Covid-19 di Pantai Pangandaran

“Kurang lebih sekitar 6 kejadian terbakarnya lahan dibeberapa tempat selama kemarau ini, walaupun lokasi cukup jauh tapi semua tertangani. Seperti daerah Cigugur; Cijulang dan Padaherang,” ujarnya.

Herli menyebutkan, hingga saat ini mobil pemadam kebakaran (damkar) masih bisa diandalkan, namun tidak untuk daerah yang tak terjangkau unit damkar.

BACA JUGA: Limbah Karet Dekat Pemukiman Warga di Cimanggung Sumedang Terbakar, Warga Cemas

“Biasanya hanya dilakukan pemadaman api dengan cara manual, pakai benda seadaanya dengan cara dipukul-pukul agar api bisa padam,” sebutnya.

Herli menghimbau, agar masyarakat tidak membuang puntung rokok sembarangan atau membakar sampah di lahan yang rentan terbakar.

“Mari kita sikapi kondisi ini dengan bersama-sama menjaga lingkungan dan hutan dari ancaman kebakaran,” imbaunya. dede ihsan

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles