Wednesday, 8 Apr 2020

Praktik Nyata di Bidang BUMN, SMK Al Muawanah Hadirkan Bank Mini

Baca Juga

Sekolah di Sumedang Tunggu Keputusan Disdik soal Ujian Sekolah

SUMEDANG, ruber.id - Sejumlah sekolah di Sumedang, Jawa Barat menunggu keputusan soal pelaksanaan ujian sekolah (US). Apakah di tengah...

Dilan 1991 Bakal Tayang 28 Februari, Penggemar Heboh

ruber – Sukses dengan film Dilan 1990 yang menjadi film dengan jumlah penonton terbanyak pada 2018, Max Pictures akhirnya secara resmi mengumumkan bahwa segera merilis sekuel dari film Dilan...

Instagram Sempat Down, Warganet Indonesia Cenderung Cuek

ruber – Tagar instagramdown mencuat jadi trending topic di media sosial. Hal ini lantaran media sosial ini sempat mengalami gangguan alias down. Berdasarkan pantauan via...

UIN Sunan Gunung Djati Segera Bangun Kampus di Sumedang, di Sini Lokasinya

SUMEDANG, ruber.id -- Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati berencana membangun kampus baru di Kabupaten Sumedang akan segera terealisasi. Realisasi kampus IV UIN SGD...

Praktik Nyata di Bidang BUMN, SMK Al Muawanah Hadirkan Bank Mini

TASIKMALAYA, ruber.id — Untuk melatih siswanya di bidang BUMN secara langsung, SMK Al Muawanah meluncurkan Teaching Factory (Tefa), Sabtu (21/12/2019).

Melalui Tefa, sekolah ini bekerja sama dengan BPR Nusumma menghadirkan bank mini di sekolahnya yang berlokasi di Jalan Inpres Gunungpayung Ciheras Desa Sukanagara Kecamatan Tanjungjaya Kabupaten Tasikmalaya.

Hadir dalam acara direksi PT BPR Nusumma, pengawas dan pembina Dinas Pendidikan Provinsi Jabar, kepala desa setempat, ketua yayasan, komite dan orang tua siswa SMK Al Muawanah serta tamu undangan.

Kepala SMK Al Muawanah Sugilar Wigena mengatakan, pihaknya tidak hanya memberikan materi, namun juga praktik langsung.

Oleh karena itu, SMK Al Muawanah mengembangkan program Teaching Factory dengan menghadirkan bank mini.

BACA JUGA: NAC, Ajang Menggali Talenta Siswa di Bidang Seni

Teaching Factory ini didasari karena lulusan sekolah menengah kejuruan saat ini belum terserap secara optimal.

“Untuk itu, kami berharap dengan pengembangan ini akan menjadikan siswa SMK Al Muawanah belajar secara langsung seperti di DU/DI,” jelasnya.

“Di sini mereka mengelola usaha sendiri, bukan hanya menjadi pekerja. Dengan Teaching Factory, guru senentiasa aktif memandu.”

Sugilar menambahkan, pengembangan ini juga dilakukan untuk mewujudkan visi menghasilkan lulusan SMK Al Muawanah yang berkompenten di bidangnya.

“Yang siap kerja dan siap menjadi entrepreneur tangguh,” tambahnya.

Tujuan Teaching Factory, lanjut Sugilar, yaitu untuk meningkatkan daya saing global dalam ilmu pengetahuan dan inovasi teknologi.

Serta untuk meningkatkan pemahaman pendidikan STEM untuk semua pembaruan atau pengembangan kurikulum yang telah diterapkan di SMK Al Muawanah.

“Pendekatan terpadu pendidikan STEM dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang memiliki pengetahuan interdisipliner dalam mempersiapkan bidang karir pekerjaan menyongsong Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2019,” jelasnya.

“Sekaligus untuk mewujudkan proyeksi Indonesia sebagai negara perekonomian terbesar ketujuh di dunia pada 2030.” ayana

Loading...

Komentar

loading...
- Advertisement -

Artikel Terbaru

Warga Indramayu Belum Ditemukan, Tim SAR Maksimalkan Pencarian Hari Ini

INDRAMAYU, ruber.id - Memasuki tujuh hari pencarian, Kamsiah, 72, korban tenggelam di Sungai Cimanuk, Indramayu, Jawa Barat belum ditemukan.

Longsor Timpa Rumah Warga di Sumedang Selatan, Sekeluarga Mengungsi

SUMEDANG SELATAN, ruber.id - Tebing longsor menimpa rumah warga di Dusun Kukulu RT 02/05, Desa Sukajaya, Kecamatan Sumedang Selatan, Sumedang.

Kabar Baik! Bupati Garut Bakal Lunasi Utang Warganya ke Bank Emok

GARUT, ruber.id - Kabar baik datang dari Garut, Jawa Barat di tengah pandemi COVID-19 atau wabah corona ini. Ya,...

Dua Warga Cianjur Hanyut di Kali Cijedil, Budi Hilang Terseret Arus

CIANJUR, ruber.id - Budi, 46, warga Kampung Salaerih, Desa Benjot, Cugenang, Cianjur, Jawa Barat tenggelam di Kali Cijedil, Selasa (7/4/2020) sore jam...

Kemenag Minta Warga Pangandaran Tunda Akad Nikah Selama Wabah Virus Corona

PANGANDARAN, ruber.id - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat meminta masyarakat untuk menunda rencana pelaksanaan akad nikah. Penundaan...