Plat Nomor Motor Sudah Harus Ganti Tahun 2022? Segini Nih Biayanya

Plat Nomor Motor Sudah Harus Ganti Tahun 2022
Foto ilustrasi from Pixabay Istockphoto

BERITA OTO, ruber.idKetika plat nomor motor Anda sudah habis masa berlaku yang berarti sudah 5 tahun, maka harus diganti.

Namun banyak yang belum paham bagaimana prosedur mengganti plat nomor tersebut, dan berapa biaya yang harus dikeluarkan.

Perhatikan Kelengkapan Pendukung

Umumnya, biaya ganti plat nomor setiap tahun berbeda-beda. Namun yang perlu kalian perhatikan ialah kelengkapan pendukung seperti STNK, BPKB dan plat nomor lama.

Sebagai pemilik kendaraan bermotor, Anda wajib mengurus surat kepemilikan. Karena surat ini adalah merupakan bukti dari kepemilikan kendaraan yang sah di atas hukum.

Pasalnya, jika tidak dilengkapi surat kendaraan yang legal dan terdaftar, berarti kendaraan Anda dianggap bodong. Itu adalah tindakan ilegal dan bisa diproses secara hukum.

Baca juga:  Trik Aman Mengerem Bagi Pengguna Motor Matik

Tak sedikit masyarakat yang memanfaatkan jasa calo dan biro jasa. Alasannya karena tidak punya waktu buat mengurus surat kendaraan yang bisa memakan waktu seharian ini.

Padahal, di tahun 2022 ini mengurus surat kendaraan sendiri sudah lebih baik dan lebih mudah.

Kepolisian pun sudah memperbaiki sistem dan cara mengurus surat kendaraan menjadi lebih baik.

Nah, jika Anda berencana mengurus perpanjangan surat kendaraan sendiri, Anda harus memperhatikan beberapa hal. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan melansir dari laman Otoloka.

Cara Mengurus Perpanjang Pajak 5 Tahunan