Penyebab Transmisi  Mobil Matic Tidak Mau Pindah Gigi

Penyebab Transmisi Mobil Matic Tidak Mau Pindah Gigi
Foto ilustrasi from Pixabay Istockphoto

BERITA OTOMOTIF, ruber.idMobil matic kini menjadi pilihan terutama kaum perempuan karena dianggap lebih mudah digunakan. Namun terkadang, mobil matic memiliki kendala sehingga menyulitkan pengendaranya.

Salah satu kendala adalah transmisi yang tidak mau pindah gigi secara mendadak. Itu dapat membahayakan karena bisa menyebabkan kecelakaan.

Lalu, apa penyebab transmisi mengalami kegagalan perpindahan? Berikut ulasan mengenai penyebab serta solusinya dilansir dari laman Suzuki.

Switch Rem yang Bermasalah

Penyebab pertama dan sering jadi langganan adalah switch rem tidak ikut tertekan ketika Anda menginjak pedal rem. Akibatnya tuas transmisi yang otomatis berpindah jadi gagal.

Untuk mengetahui apakah penyebabnya adalah switch rem, Anda bisa mengeceknya melalui lampu rem. Jika ketika menginjak pedal rem namun lampu rem tidak menyala, artinya terdapat masalah.

Baca juga:  Cara Mengatasi Stuck Mobile Legend di Lobby 40% 50% 51%

Anda harus melakukan pemeriksaan lebih lanjut mengenai kinerja switch rem. Karena, bisa saja perlu penyetelan ulang atau harus diganti yang baru.

Berikut ini langkah-langkah untuk mengecek kondisi switch rem pada mobil.

Anda harus membuka terlebih dahulu fuse box di ruang mesin, kemudian periksalah fuse tail lamp yang terdapat di balik tutup box sekring.

Kemudian, cek apakah sekring putus, caranya tinggal mencabut sekring dan lihat di bagian penghantar arusnya.

Apabila putus, Anda bisa menggantinya dengan ukuran yang sama. Selanjutnya, lakukan pengecekan di bagian soket karena bisa saja kendur. Anda hanya perlu mengencangkannya saja hingga berbunyi klik.

Terakhir, jika sekring dan soket tidak bermasalah, mungkin saja setelah switch rem tidak pas. Anda bisa mencoba menyetel ulang dengan kunci pas ukuran 12mm dan putar ke arah kiri atau kanan sampai benar.

Baca juga:  Xiaomi Akan Kembali Gunakan Elektrokromik untuk Ponsel Terbaru

Apabila setelah dicek ternyata tidak ada masalah, artinya Anda harus mengganti switch dengan yang baru.

Kotornya Switch Rem