Pengaruh Teknologi Terhadap Pembelajaran di Masa Pandemi

  • Bagikan
Asrul Choir (Mahasiswa Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof DR Hamka Jakarta)

PERKEMBANGAN teknologi pada saat ini sangat pesat dan semakin canggih hingga berpengaruh terhadap semua kegiatan manusia. Semua menggunakan teknologi.

Dalam dunia pendidikan teknologi sangatlah berpengaruh dalam proses belajar mengajar. Mulai dari tingkat Sekolah Dasar hingga perguruan tinggi.

Penciptaan teknologi yang semakin canggih ini sangatlah menarik serta membuat berbagai kalangan berminat menikmatinya.

Baik dari kalangan anak-anak hingga dewasa sampai orang tua. Mereka menikmati perkembangan teknologi tersebut.

Tidak hanya itu, dalam dunia pendidikan pun perkembangan teknologi mempunyai pengaruh yang sangat besar.

Sehingga semua jenjang pendidikan semuanya berbasis teknologi dari pembelajaran, pemberian materi dan sebagainya.

Di Sekolah Dasar (SD) pada saat ini juga sangat diperlukan, bahkan sudah banyak SD yang menyediakan beberapa teknologi dalam proses pembelajaran.

Dengan teknologi yang ada, diharapkan guru dapat berinovasi dan berkreasi yang dapat membuat pembelajaran lebih menarik. Sehingga dapat menumbuhkan semangat belajar siswa.

Dengan demikian, jika semua dapat berjalan dengan baik, maka akan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Media teknologi yang sangat berperan saat ini adalah internet. Di mana, saat ini masih dalam masa pandemi dan pembelajaran dilakukan secara online.

Baca juga:  Tujuh Kelebihan dan Kekurangan Pembelajaran Daring

Siswa menerima pembelajaran menggunakan media internet seperti WhatsApp dan Email.

Jika teknologi digunakan atau dimanfaatkan dalam proses pembelajaran secara maksimal, artinya sesuai dengan kebutuhan pembelajaran maka tujuan pembelajaran akan tercapai.

Era Pembelajaran di Masa Pandemi

Tersedianya media internet untuk pembelajaran bukan bebas dan lepas kontrol.

Orang tua perlu diberi pengerahan agar dapat membimbing dan memperhatikan putra putri mereka dalam penggunaan media tersebut. Supaya tidak salah langkah.

Akan tetapi perlu disadari bahwa teknologi tidak hanya mendatangkan hal yang positif, namun juga mempunyai dampak negatif.

Artinya tidak hanya mendatangkan keuntungan akan tetapi juga kerugian jika salah dalam pemanfaatannya.

Dengan demikian, teknologi adalah ibarat sebuah pedang yang bermata dua, yang mempunyai dampak positif dan negatif .

Proses belajar mengajar saat ini yang dilakukan oleh guru dan siswa adalah menggunakan media internet.

Di era pembelajaran saat ini, teknologi, guru dan orang tua adalah hal-hal yang berpengaruh dalam pembelajaran di masa pandemi sekarang ini.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama, bahwa pembelajaran jarak jauh memerlukan teknologi yang dapat menunjang pelaksanakan pembelajaran.

Kemudian, pemberian tugas ,mengakses materi, memberikan serta tanya jawab dan lain sebagainya.

Baca juga:  Proses Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19

Smartphone dan laptop adalah contoh alat yang biasanya digunakan. Teknologi yang paling umum yang digunakan oleh siswa adalah smartphone. 

Dalam pembelajaran platform digital yang biasa digunakan untuk pembelajaran daring adalah youtube, Email, Zoom dan Google Classroom.

Hanya ada beberapa permasalahan yang sering dihadapi yang berkaitan dengan teknologi.

Misalnya masih ada peserta didik yang berasal dari keluarga kurang mampu dan tidak memiliki smartphone atau gawai yang mendukung pembelajaran.

Serta masih ada dari mereka yang tidak mengenal dan menguasai cara menggunakan platform untuk pembelajaran jarak jauh.

Masih banyak peserta didik yang tinggal di daerah terpencil yang tidak terjangkau oleh jaringan internet.

Guru Dituntut Lebih Kreatif dan Inovatif

Selain peran teknologi, guru juga mempunyai peran yang sangat berpengaruh dalam pembelajaran jarak jauh saat ini.

Ketika pembelajaran tatap muka berlangsung, guru lebih leluasa menyampaikan materi dan memberi motivasi kepada siswa serta menilai sikap siswa.

Akan tetapi, pada pembelajaran jarak jauh, guru dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam menyampaikan pembelajaran dan membuat bahan pembelajaran.

Guru mau tidak mau dituntut untuk menguasai IT serta kemampuan untuk menggunakan berbagai platform yang mendukung pembelajaran.

Baca juga:  Perkembangan Teknologi Pendidikan di Tengah Pandemi

Dan membuat supaya anak tidak merasa bosan dan jenuh pada saat mengikuti pembelajaran berlangsung.

Oleh sebab itu, kompetensi guru terdahap IT harus terus tingkatkan melalui pelatihan-pelatihan.

Apalagi masih adanya beberapa guru yang awam terhadap teknologi yang digunakan dalam pemebelajaran.

Melalui pelatihan-pelatihan tersebut diharapkan guru dapat menjalankan tugasnya dengan maksimal di era pandemi ini.

Selain teknologi dan guru, salah satu pihak yang memegang peranan penting dalam pembelajaran daring saat ini adalah orang tua.

Orang tua ikut menentukan keberhasilan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran daring.

Orang tua berperan sebagai pembimbing dan motivator bagi anak-anaknya saat belajar di rumah.

Bimbingan dan motivasi dari orang tua akan sangat berpengaruh bagi peserta didik.

Tanpa bimbingan dan motivasi dari orang tua, terkadang peserta didik menganggap remeh tugas yang diberikan.

Sehingga sering bolos mengikuti pelajaran dan jika berlarut-larut akan menjadi kebiasaan.

Oleh karena itu, bimbingan, motivasi dan pengawasaan orang tua saat pembelajaran daring ini mutlak diperlukan guna mencapai hasil yang diharapkan. ***

Oleh:
Asrul Choir
Mahasiswa Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof DR Hamka Jakarta

  • Bagikan