Ujang Endin Indrawan Sebut Pelaku UMKM dan IKM di Pangandaran Pejuang Perekonomian

  • Bagikan
Ujang endin
BAKAL calon wakil bupati Pangandaran Ujang Endin Indrawan bersama pelaku UMKM dan IKM. smf/ruber.id

PANGANDARAN, ruber.id – Bakal calon wakil bupati Pangandaran Ujang Endin Indrawan sebut pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) dan IKM (Industri Kecil dan Menengah) sebagai pejuang perekonomian.

Ujang Endin mengatakan, dirinya mengajak seluruh warga di Kabupaten Pangandaran menggunakan produk UMKM dan IKM. Hal tersebut untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Di mata saya, pelaku UMKM dan IKM merupakan pejuang perekonomian di tingkat lokal. Tentunya di Kabupaten Pangandaran,” kata Ujang Endin, Rabu (12/8/2020).

Ijtihad dirinya menjadi bakal calon wakil bupati Pangandaran di antaranya, memiliki konsep untuk mendorong pelaku UMKM dan IKM percaya diri. Serta mampu bersaing dengan produk lainnya.

“Produk lokal UMKM dan IKM di Pangandaran ini, bisa menjadi produk yang tembus pasar global, dengan cara dan strategi yang maksimal,” ujarnya.

Baca juga:  Rival Jihad Putar Haluan Dukung Juara di Pilkada Pangandaran 2020

Ujang Endin menyebutkan, aktivitas UMKM dan IKM selama pandemi COVID-19 mengalami penurunan pendapatan. Solusi yang bisa dilakukan di antaranya, masyarakat sudah mulai menggunakan produk lokalan.

Kemudian, memasarkan produk berbasis digital atau jualan online. Hal tersebut upaya sementara, supaya pendapatan pelaku UMKM dan IKM di Pangandaran stabil.

“Pelaku UMKM dan IKM perlu sentuhan dan keberpihakan dari Pemkab. Dengan cara membantu permodalan, melakukan pembinaan, pelatihan dan promosi yang masif,” sebutnya.

Potensi alam di Pangandaran ini, kata Ujang Endin, sangat menunjang untuk menghasilkan bahan baku produk UMKM dan IKM. Baik itu kuliner maupun kerajinan tangan.

Diketahui, Ujang Endin Indrawan merupakan bakal calon pendamping Jeje Wiradinata (bupati/incumbent) di Pilkada Pangandaran 2020. (R001/smf)

Baca juga:  Pemkab Dorong Produk UMKM dan IKM di Pangandaran Tembus Pasar Global

BACA JUGA: Bakal Calon Wakil Bupati Pangandaran Ujang Endin Indrawan Merupakan Penceramah

  • Bagikan