BERITA EDUKASI, ruber.id – ParagonCorp, perusahaan kosmetik terkemuka di Indonesia, menjalin sinergi strategis dengan Universitas Padjadjaran (Unpad) melalui peresmian tiga fasilitas kolaboratif baru di kampus Unpad Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jumat (13/6/2025).
Inisiatif ini, menjadi wujud nyata komitmen bersama dalam memperkuat ekosistem pendidikan dan pengembangan generasi muda.
Ketiga ruang yang diresmikan adalah ParagonCorp Collaborative Space Unpad; ParagonCorp Co-Working Space Fisika FMIPA; dan Ruang Sidang Universitas Padjadjaran-ParagonCorp di lingkungan Pascasarjana.
Ketiganya, dirancang sebagai wadah kolaborasi lintas disiplin antara mahasiswa, akademisi, dan pelaku industri untuk mendorong pertukaran ide, inovasi, serta kreativitas.
EVP & Chief of People and Business Ecosystem Development ParagonCorp, A. Miftahuddin Amin, mengungkapkan, kolaborasi ini tidak hanya sebatas kemitraan institusional. Melainkan, bagian dari visi jangka panjang dalam menciptakan masa depan yang lebih inklusif dan berkelanjutan.
“Tema Reshaping Tomorrow, Empowering Generations mencerminkan semangat kami untuk berperan aktif dalam membentuk masa depan, bukan sekadar menantinya,” ujarnya usai acara peresmian di Bale Sawala Rektorat Unpad, Jumat.
Dalam kesempatan tersebut, turut dilakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara ParagonCorp dan Fakultas Psikologi Unpad.
Kesepakatan ini, meliputi kerja sama dalam bidang riset, pengembangan metode pembelajaran, serta persiapan karier mahasiswa.
ParagonCorp juga menunjukkan komitmennya terhadap pendidikan dengan memberikan beasiswa kepada 115 mahasiswa Unpad.
Selain itu, menyelenggarakan berbagai program pengembangan karier seperti pelatihan pembuatan CV, sesi coaching, hingga simulasi wawancara kerja.
“Kami ingin tumbuh bersama dengan generasi muda. Melalui kolaborasi ini, kami tidak hanya membagikan visi. Tetapi, membangun sistem yang memungkinkan terwujudnya perubahan nyata,” ucapnya.
ParagonCorp yang telah berkiprah lebih dari 40 tahun di industri kosmetik nasional, kini memiliki pangsa pasar sekitar 20%, dengan brand-brand ternama. Seperti Wardah, Make Over, Emina, dan Kahf.
Perusahaan ini juga, terus memperluas jangkauan bisnisnya ke luar Pulau Jawa.
Rektor Unpad Apresiasi Kerja Sama dengan ParagonCorp
Di tempat yang sama, Rektor Unpad, Prof. Arief Sjamsulaksan Kartasasmita, menyambut baik kerja sama ini.
Ia menilai ParagonCorp sebagai contoh nyata kesuksesan karya anak bangsa, dengan banyak alumni Unpad yang kini menempati posisi penting di perusahaan tersebut.
“Kemitraan seperti ini memperlihatkan sinergi antara dunia pendidikan dan industri sangat penting. Terutama, dalam mencetak SDM unggul dan berdaya saing global. Ini adalah investasi strategis untuk masa depan bangsa,” ungkapnya.
Kolaborasi antara Unpad dan ParagonCorp diharapkan dapat menjadi model inspiratif bagi kerja sama serupa antara perguruan tinggi dan sektor industri di Indonesia. ***