Pangandaran Miliki Sejumlah Rencana Pembangunan Daerah

pembangunan pangandaran
RENCANA pembangunan di Pangandaran disesuaikan dengan RPJPD, RPJMD dan RKPD. dede/ruber.id

BERITA PANGANDARAN, ruber.id – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Pangandaran telah melakukan koordinasi dengan Bidang Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah Provinsi Jawa Barat.

Progres pembangunan di Pangandaran akan disesuaikan dengan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD), Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Dan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD).

Kepala Bappeda Pangandaran Agus Satriadi mengatakan, pihaknya telah memaparkan progres pembangunan yang akan dilaksanakan. Ke depan, Pangandaran memiliki sejumlah rencana pembangunan daerah.

Di antaranya, membangun Kampus UNPAD PSDKU Pangandaran tahap selanjutnya, membangun pusat pemerintahan dan Alun-alun yang berlokasi di Desa Cintakarya, Kecamatan Parigi.

“Supaya repersentatif, pembangunan kantor pemerintahan berdekatan dengan Kampus UNPAD. Akses geografis juga dapat ditempuh dengan lancar, jalan antardesa penghubung kecamatan pun jadi prioritas,” kata Agus, Senin (1/2/2021).

Baca juga:  PDRB Pangandaran CapaiĀ 9.8 Juta, Sektor Pertanian Paling Berkontribusi

Tak hanya itu, Pemkab juga memprioritaskan pengembangan Bandara Nusawiru, agar akses transportasi udara bisa dinikmati oleh pengunjung dari luar Pangandaran. Perjalan akan ditempuh dengan cepat.

“Untuk kebutuhan masyarakat di bidang kesehatan dan ekonomi, pembangunan puskesmas dan pasar tradisional juga sudah menjadi rencana Pemkab. Dari 15 puskesmas yang ada, 11 di antaranya sudah direnovasi, tinggal 4 lagi,” tuturnya.

Keberadaan pasar tradisional, kata Agus, selain meningkatkan perekonomian masyarakat, juga memberi kontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Pemkab Anggarkan Rp3.6 Miliar untuk Pembangunan Fisik Relokasi Pedagang

Relokasi pedagang Pasar Pananjung di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat akan segera dilaksanakan tahun ini. Ditargetkan rampung selama 6 bulan di tahun 2021.

Baca juga:  Jaga Ketahanan Pangan, Polres dan Kodim Ciamis Menanam Jagung Manis di Pangandaran

Ada dua tahap dalam proses revitalisasi Pasar Pananjung, yakni relokasi pedagang dan pembangunan. Untuk relokasi akan diselesaikan di tahun 2021.

Pemkab pun sudah menganggarkan Rp3.6 miliar untuk pembangunan fisik relokasi pedagang Pasar Pananjung, Pangandaran. (R001/smf)

BACA JUGA: Pembangunan Pangandaran Selama 4 Tahun