GAMEON  

Nok Nok, Permainan Tradisional yang Kembali Tren di Tengah Gemerlap Game Online

Nok Nok, Permainan Tradisional yang Kembali Tren di Tengah Gemerlap Game Online
Restu, pelajar SDN Padasuka, didampingi sang ibu, tampak asyik memainkan Nok Nok di Alun-alun Sumedang, Rabu (28/12/2022). R003/ruber.id

GAMEON, ruber.id – Nok Nok, bagi generasi tahun 1990-an, permainan tradisional yang satu ini sangat populer. Tidak hanya dimainkan anak-anak, tapi juga orang dewasa.

Belakangan, permainan yang sempat menghilang ini, kini kembali booming. Bahkan, orang nomor 1 di Indonesia, yakni Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat memainkan permainan ini.

Presiden Jokowi, memainkan permainan Nok Nok ini, ketika melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Subang, Jawa Barat, Selasa, 27 Desember 2022.

Tak hanya Presiden Jokowi, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, yang mendampingi kunjungan ke Subang, juga ikut memainkannya.

Tentang Nok Nok

Nok Nok merupakan suatu game offline berupa dua bola yang diikat dengan tali pada bagian atasnya dan dimainkan dengan cara memegang bagian atas tersebut. Sehingga, dua bola tersebut akan saling beradu.

Baca juga:  Project Winter Mobile, Rilis di Playstore Indonesia

Sensai dari permainan ini terjadi, ketika kita berhasil melakukannya secara lama dan menimbulkan suara Nok Nok, dari kedua bola yang beradu tersebut.

Nok Nok Kembali Ngetren

Permainan Nok Nok kembali tren di sejumlah daerah, terutama di wilayah Jawa Barat. Mulai dari Kota Bandung, Kabupaten Sumedang hingga Tasikmalaya.

Di Kabupaten Sumedang, banyak anak yang kembali memainkan Nok Nok.

Seperti ruber.id lihat sendiri di sekitar kawasan Alun-alun Kabupaten Sumedang. Di mana, sejumlah anak tampak asyik memainkan Nok Nok.

Salah seorang pelajar asal SDN Padasuka, Sumedang Utara, Sumedang, Restu, 9, mengaku senang memainkan Nok Nok.

Restu sudah mulai memainkan Nok Nok, sejak dua minggu yang lalu.

Baca juga:  Update Hero Fighter Patch 1.7.38 Mobile Legends Advance Server, Semua Di-Nerf!

“Iya, seneng aja, udah dua minggu main. Gak sakit di tangan, mainnya gampang,” kata Restu, kepada ruber.id, Rabu, 28 Desember 2022.

Selain Restu, ada juga Yoga, 8, yang mengaku baru-baru ini memainkan permainan Nok Nok.

“Baru kemaren-kemaren, mudah kok mainnya, seneng aja, seru bisa mainin bolanya lama-lama itu bikin seneng,” kata Yoga.

Sejak mengenal Nok Nok, Yoga mengaku lebih jarang memainkan game di handphone atau smartphone.

“Iya malah lebih suka main Nok Nok sekarang. Lagian kalau maen game lama-lama di hape (Handphone) suka dimarahin mamah,” ucap Yoga polos.