Sunday, 31 May 2020

Mudik Lebaran 2020 Jadi yang Terberat bagi Pemerintah dan Aparat Keamanan, Ini Alasannya

Baca Juga

DTKS Kacau, DPR Minta Pemerintah Segera Mutakhirkan Data Penerima Bansos COVID-19

DEPOK, ruber.id - Anggota DPR RI Hj Intan Fauzi meminta pemerintah melakukan pemutakhiran data penyaluran Bansos bagi warga terdampak COVID-19.

Abut Berhasil Budidayakan Teh Ungu dari Bunga Telang di Pangandaran

PANGANDARAN, ruber.id -- Budidaya bunga telang atau yang lebih dikenal dengan sebutan teh ungu, berhasil dikembangkan oleh Dedi Kurniadi alias Abut.

Kawal Pemilu 2019, Ormas BBC Kota Banjar Sebar Anggotanya di Tiap Desa

BANJAR, ruber -- Ormas Buah Batu Corps (BBC) DPD Kota Banjar, siap mengawal jalannya persiapan Pemilu 2019 hingga pencoblosan nanti. BACA JUGA: Papirus Dorong KPU...

Siap-siap, 5 Ponsel Lipat Ini Bakal Rilis di 2019

ruber – 2019 sepertinya menjadi tahun penting bagi sejumlah pabrikan ponsel dalam menyiapkan ponsel lipat mereka. Salah satu yang santer segera rilis pada Februari mendatang,...

DEPOK, ruber.id – Mudik Lebaran tahun 2020 ini menjadi tantangan terberat bagi pemerintah maupun aparat keamanan.

Sebab, di tengah penanganan wabah virus corona yang terus meningkat, di sisi lain ada momentum besar yang dikhawatirkan mampu meningkatkan penyebaran COVID-19.

Pengamat Sejarah asal Kota Depok JJ Rizal mengatakan, mudik lebaran merupakan peristiwa budaya.

Dan ini sudah menjadi kebiasaan turun temurun masyarakat, Indonesia khususnya.

Sehingga, kata dia, diperlukan pendekatan khusus untuk mencegah mereka pulang ke kampung halaman.

“Salah satunya orang Betawi yang berada di wilayah Jabodetabek, ada ungkapan kita bekerja mencari uang selama 11 bulan.”

“Maka dalam satu bulan (Ramadan dan Idul Fitri)  dihabiskan untuk mencari ridho dan berkah,” ucapnya.

Berkaca dari hal ini, kata dia, maka harus ada solusi bagaimana pemerintah melakukan pendekatan dan niatan kampanye kultural kebudayaan secara  besar-besaran.

Rizal menjelaskan, pendekatan dari sisi struktur kebudayaan pada setiap kampung di seluruh Jabodetabek, menjadi salah satu alternatif yang bisa dilakukan pemerintah daerah.

Selain menetapkan larangan untuk tidak mudik.

Dalam konteks ini, kata dia, bisa merangkul tokoh agama dan tokoh masyarakat yang memiliki kekuatan di wilayah untuk membuat pernyataan kultural.

Yang mengimbau dan mengajak agar tetap tinggal dan tidak perlu pulang ke kampung halaman.

Salah satu contoh penerapan pendekatan dari sisi kebudayaan dan bisa ditiru pada setiap wilayah yaitu program Si Gacor milik Pemkot Tangerang.

Di mana, kata dia, dibentuk kampung siaga corona yang didalamnya berisi RT, RW, kelurahan, kecamatan, bersama-sama melakukan penanggulangan COVID-19.

“Ini adalah medium, atau cara untuk mendekati masyarakat. Sambil memberikan imbauan, maupun sosialisasi penerapan aturan,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala BPTJ Kemenhub RI Polana Pramesti sepakat dengan ide pendekatan dari sisi kebudayaan ini.

Polana menilai, keluarga memiliki peranan penting dalam memberikan pemahaman.

“Jadi tiap keluarga juga memberikan pemahaman kepada keluarga lain agar tidak perlu datang saat lebaran tahun ini, silaturahmi bisa dilakukan secara daring,” sebutnya. (R007/Moris)

BACA JUGA: Pemkot Depok Ingin PSBB Jawa Barat Sinergi dengan PSBB Jakarta

Komentar

loading...

Artikel Terbaru

Sudah Ada 2 Kematian, Kasus Demam Berdarah di Sumedang Tinggi di 3 Kecamatan

SUMEDANG, ruber.id - Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang, Jawa Barat mencatat 2 kematian akibat Demam Berdarah Dengue (DBD). Sejak Januari-April...

Jadi Zona Biru Corona, Bupati Sumedang Puji para Camat

SUMEDANG, ruber.id - Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir memuji kinerja 26 camat se Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Bupati...

Minggu Pagi, Rumah Jompo di Sumedang Utara Ludes Terbakar

SUMEDANG UTARA, ruber.id - Rumah milik jompo di Kecamatan Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang ludes terbakar, Minggu (31/5/2020) pagi sekitar jam 09.30 WIB.

Dua Korban Tenggelam di Pantai Dadap Indramayu Ditemukan

INDRAMAYU, ruber.id - Dua korban yang hilang terseret arus di Pantai Dadap, Indramayu, Jawa Barat ditemukan meninggal dunia, Sabtu (31/5/2020) malam.

Warga Cilacap Ditemukan Tewas di Pantai Karang Tirta Pangandaran

PANGANDARAN, ruber.id - Tim SAR gabungan menemukan Sabar, 25, di Pantai Karang Tirta, Kabupaten Pangandaran, Sabtu (30/5/2020) malam jam 19.30 WIB.