Wednesday, 8 Jul 2020

KPU Pangandaran Segera Aktifkan Penyelenggara Ad Hoc

Baca Juga

IAR Indonesia Lepasliarkan 15 Kukang Jawa di Gunung Sawal Ciamis

CIAMIS, ruber -- Sebanyak 15 Kukang Jawa dilepasliarkan ke habitat asalnya di Suaka Marga Satwa Gunung Sawal, Kabupaten Ciamis, Jumat (3/4/2019). Kukang Jawa hasil penyerahan...

Cukup “Sila Sidakep”, Dokumen Kependudukan Warga Sumedang Diantar Sampai Rumah

SUMEDANG, ruber.id - Di masa pandemi COVID-19 ini, Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sumedang meluncurkan program Sila Sidakep.

Garut Masih Negatif Corona, ODP dan PDP Akan Dites Massal

GARUT, ruber.id - Alhamdulillah, hingga Sabtu (28/3/2020) sore, Kabupaten Garut, Jawa Barat masih negarif COVID-19. Namun, kasus Orang Dalam...

Polisi Tangkap Guru SMK dan Warga Cimanggung, Pelaku Penyebar Hoaks Teror Begal di Sumedang

Polisi Tangkap Guru SMK dan Warga Cimanggung, Pelaku Penyebar Hoaks Teror Begal di Sumedang SUMEDANG, ruber.id -- Jajaran Satreskrim Polres Sumedang, Jawa Barat menangkap dua...

PANGANDARAN, ruber.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat segera mengaktifkan kembali badan penyelenggara ad hoc.

Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) akan segera diaktifkan pascabeberapa tahapan pemilihan kepala daerah ditunda akibat pandemi virus Corona.

Ketua KPU Pangandaran Muhtadin mengatakan, ada beberapa tahapan Pilkada 2020 yang sempat tertunda beberapa waktu lalu.

Di antaranya verifikasi faktual syarat calon perseorangan, pembentukan sekretariat PPS dan pembentukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP).

“Tahapan yang tertunda itu akan dimulai kembali pada Senin mendatang (15 Juni-red),” katanya melalui press release yang diterima ruber.id, Sabtu (13/6/2020).

Hal tersebut, kata Muhtadin, berdasarkan pada Peraturan KPU (PKPU) Nomor 5/2020 perubahan atas PKPU Tahapan, Program dan Jadwal Pilkada 2020 yang sudah terbit.

“PKPU perubahan ini terbitnya tadi malam, substanstinya pelaksanaan Pilkada digelar pada 9 Desember 2020 dan tahapan mulai dilanjutkan 15 Juni mendatang,” tuturnya.

Tentunya, pelaksanaan tahapan pemilihan kepala daerah di Pangandaran ini akan menerapkan protokol kesehatan COVID-19.

Mulai dari verifikasi faktual syarat calon perseorangan, pemutakhiran data pemilih, tahapan kampanye hingga hari H (pemungutan suara).

“Penyelenggara akan kami lengkapi dengan alat pelindung diri (APD) dan pemilih wajib memakai masker,” ujarnya.

Untuk menghindari kerumunan banyak orang, jumlah pemilih di Tempat Pemungutan Suara (TPS) dikurangi dengan maksimal 500 orang.

Komisioner Divisi SDM dan Partisipasi Masyakarat KPU Pangandaran Maskuri Sudrajat menyebutkan, siap untuk menyukseskan penyelenggaraan pesta demokrasi di tengah pandemi Corona.

Meski khawatir dengan tingkat partisipasi berkurang, namun hal itu tidak menjadi satu alasan menurunkan kualitas penyelenggaraan.

“Kami yakinkan kepada masyarakat, bahwa badan penyelenggara ad hoc siap menyukseskan Pilkada Pangandaran 2020” ungkapnya. (R002/dede ihsan)

BACA JUGA: Tahapan Pilkada 2020 Dimulai 15 Juni, KPU Pangandaran Minta Anggaran Ditambah

Komentar

loading...

Artikel Terbaru

Kasus Bayi yang Dikubur di Indekos di Purworejo Terungkap, Ini Penjelasannya

PURWOREJO, ruber.id - Kasus penemuan mayat bayi yang dikubur di halaman belakang indekos di Kelurahan Sindurjan, Kecamatan/Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah pada Mei...

Kronologi Truk Batu Bara Masuk Jurang di Ciherang Sumedang

SUMEDANG SELATAN, ruber.id - Truk batu bara bernomor polisi D 9057 BA masuk jurang dan nyaris menimpa rumah di Jalan Raya Cirebon-...

BPBD Jawa Barat Kunjungi Kantor SAR Bandung, Ini yang Dibahas

SUMEDANG, ruber.id - Sebagai sesama instansi pemerintahan, Basarnas dan BPBD memiliki irisan dalam menjalankan tugas dan fungsinya di wilayah kebencanaan.

Forsil RTRW Resmi Dikukuhkan, Siap Bersinergi dengan Pemerintah

TASIKMALAYA, ruber.id - Setelah dibentuk pada bulan April 2020 lalu, kepengurusan Forum Silaturahmi (Forsil) RTRW resmi dikukuhkan, Senin...

Vivo Rilis Flagship Teranyar, Peminat X50 dan X50 Pro Cukup Bayar DP Rp500.000

GADGET & TEKNO, ruber.id - Vivo segera meluncurkan ponsel flagship perdananya di Indonesia, yaitu Vivo X50 series. Smartphone flagship seri X dari Vivo...